Bahaya, Lapisan Ozon Semakin Menipis!

By Yomi Hanna, Senin, 29 Mei 2017 | 02:42 WIB
Foto: alamendah.org (Hanna Vivaldi)

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah menipisnya lapisan ozon. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan lapisan ozon tersebut?

Lapisan ozon sangat penting

Lapisan ozon merupakan salah satu lapisan di antara lapisan-lapisan yang ada di atmosfer. Lapisan ozon berada di lapisan stratosfer. Lapisan ozon sangat berguna bagi bumi. Kenapa? Karena lapisan tersebut dapat menghalangi sinar ultraviolet yang berasal dari matahari.

Apakah sinar ultraviolet berbahaya? Ya, sinar tersebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, bahkan dapat menyebabkan kematian bagi jenis makhluk hidup lainnya.

Fungsi lapisan ozon

Jadi, lapisan ozon ini bertugas untuk menyerap sinar ultraviolet sehingga sinar tersebut tidak menyentuh permukaan bumi secara langsung. Selain itu, ada 3 manfaat lapisan ozon lainnya bagi bumi kita.

1. Lapisan ozon dapat mengatur jumlah sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi

2. Dapat menjaga suhu di bumi agar tetap stabil atau tidak berubah secara drastis

3. Lapisan ozon juga bisa melindungi permukaan bumi dari benda-benda langit yang jatuh

Lapisan ozon dapat menipis akibat adanya kerusakan. Nah, jika lapisan tesebut menipis, maka dia akan mudah berlubang serta fungsinya tidak akan maksimal. Apa ya yang menyebabkan lapisan ozon tersebut menipis dan rusak?

Ternyata penyebabnya adalah karena adanya beberapa jenis gas berikut, seperti chlorofluorocarbon atau CFC, halons, karbon tetraklorida, bromida, senyawa klorin yang mengandung metil kloroform, serta gas lainnya yang mengeluarkan klorin atau bromine ketika pecah.

Dari mana, sih, asalnya gas yang merusak lapisan ozon itu? Gas-gas tersebut dihasilkan dari kegiatan sehari-hari ataupun dari beberapa alat yang sering kita gunakan. Apa saja ya?