5 Perkampungan yang Menarik Perhatian Dunia

By Yomi Hanna, Senin, 29 Mei 2017 | 02:48 WIB
Perkampungan Wae Rebo (Foto: indonesia.travel.com) (Hanna Vivaldi)

Indonesia adalah negara yang dikenal dengan budayanya yang beragam dan memiliki keunikan. Banyak daerah yang memiliki kekhasan sehingga menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung. 5 Perkampungan di bawah ini sudah sangat populer di mata dunia.

1. Perkampungan Wae Rebo

Perkampungan ini terletak di daeraf Flores, tepatnya di ketinggian 1200 meter dari atas permukaan laut. Daerah yang dijuluki dengan kampung di atas awan ini menampilkan kebudayaan Indonesia yang indah. Meskipun untuk mencapai kampung ini tidaklah mudah karena harus melewati perjalanan yang panjang.

Tetapi semua kelelahan dan keletihan terbayar ketika melihat apa yang ada di kampung itu. Di sana terdapat 7 rumah adat yang berbentuk seperti kerucut. Tidak hanya itu, suasananya yang sejuk dan pemandangan yang menakjubkan membuat wisatawan yang datang merasa puas dan bahagia.

2. Perkampungan suku Baduy

Empat puluh kilometer dari Rangkasbitung terdapat perkampungan suku Baduy, yang letaknya berada di Cibeo, Lebak. Perkampungan ini sudah dikenal oleh dunia karena pemandangan alamnya yang masih begitu asri dan sejuk. Hal menarik lainnya dari perkampungan ini adalah kebudayaan suku Baduy yang masih sangat tradisional.

3. Perkampungan Pampang

Perkampungan ini terletak di Samarinda, Kalimantan Timur. Kebudayaan suku dayak yang masih asli di perkampungan tersebut sangat menarik minat wisatawan untuk mempelajarinya. Banyak yang ingin melihat secara langung kehidupan suku dayak di sana, termasuk melihat suku dayak yang bertelinga panjang.

4. Perkampungan di Tana Toraja

Perkampungan di tana toraja yang sudah terkenal adalah kete desu, tepatnya di daerah toraja utara. Di perkampungan ini terdapat banyak sekali peti mati yang sudah berumur lebih ratusan tahun, lo, teman-teman. Selain itu, yang menjadi keunikan daerah ini adalah tradisi mayat berjalan. Wah! Jika kamu penasaran, mungkin kamu bisa pergi berlibur ke perkampungan ini, teman-teman.

5. Panglipuran

Panglipuran ini terletak di Bali dan menjadi ikon desa wisata di sana. Suasana perkampungan ini sangat nyaman, asri, dan sejuk. Di sinilah satu-satunya perkampungan yang masih memiliki rumah tradisional Bali asli, tidak heran banyak yang datang berkunjung ke tempat ini untuk melihatnya secara langsung.