5 Kegiatan Positif Saat Lulus Sekolah

By Eka Kartika, Senin, 29 Mei 2017 | 06:53 WIB
Ilustrasi lulus sekolah, Foto: Sekolah Santo Yoseph (Eka Kartika)

Dinyatakan telah lulus dari sekolah, tempat kamu bersekolah pastilah merupakan hal menggembirakan. Karena setelah sekian lama bekerja keras menuntut ilmu, akhirnya kamu berhak mendapatkan kelulusan dengan nilai memuaskan. Setelah pengumuman kelulusan, kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Berdoa bersama

Pada waktu mendapat kabar jika kamu telah lulus, sebaiknya segera melakukan doa bersama di sekolah, bersama teman-teman dan guru sebagai salah satu wujud syukur atas pencapaian yang kamu dapatkan.    

2. Mencari informasi sekolah lanjutan

Mencari informasi sekolah lanjutan bersama orang tua harus dilakukan jauh-jauh hari. Kamu bisa melihat secara langsung ke sekolah baru yang bersangkutan, atau lewat media informasi seperti brosur, media internet, juga bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah bersekolah di tempat tersebut. Atau kamu bisa minta bantuan orang tua mencari tahu seputar sekolah yang diminati.

3. Menyumbangkan baju sekolah

Baju-baju sekolah yang sudah tidak terpakai, bisa kamu sumbangkan kepada yang membutuhkan. Biasanya pihak sekolah ada yang mengkordinir kegiatan seperti ini. Namun jika tidak ada, cobalah kamu yang menjadi penggerak dan mengajak teman-teman untuk menyumbangkan baju-baju sekolah yang masih bagus.

4. Membagikan sembako

Berbagi kebahagiaan pada saat dinyatakan lulus, tidak hanya dalam bentuk menyumbangkan baju sekolah kok. Dengan membagikan sembako juga bisa, lo. Bisa kepada orang-orang yang menbutuhkan di lingkungan sekolah, misalnya pada penjaga sekolah, tukang kebun, petugas kebersihan, dan lainnya.

5. Melakukan kegiatan bakti sosial

Bersama teman-teman, kamu bisa melakukan kegiatan bakti sosial di sekolah. Selain itu, kamu juga dapat memberikan kenang-kenangan seperti buku cerita atau pengetahuan umum kepada perpustakaan sekolah.