Uta Kelo, Makanan Khas Suku Kaili yang Gurih dan Pedas

By Yomi Hanna, Selasa, 30 Mei 2017 | 02:36 WIB
Foto: blog.airyrooms.com (Hanna Vivaldi)

Di setiap daerah di Indonesia, pasti memiliki makanan khas yang bisa membuat orang-orang dari luar daerahnya penasaran untuk mencicipinya.

Seperti makanan khas suku Kaili yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu tepatnya di wilayah Kabupaten Donggala. Nama makanan ini adalah Uta Kelo yang menggunakan daun kelor sebagai bahan utamanya.

Kelo yang artinya daun kelor mudah sekali ditemukan di desa ini, karena itulah masyarakat setempat ingin mengolah hasil alam yang banyak itu menjadi makanan khas di sana.

Rasanya gurih dan pedas

Kalau kamu pernah memakan gulai singkong, Uta Kelo ini sekilas mirip seperti itu. Makanan ini terbuat dari campuran daun kelor yang dimasak bersama santan kelapa.

Untuk menambah kelezatan Uta Kelo, maka bisa ditambahkan pisang kapok, udang, ataupun terong. Rasa Uta Kelo adalah gurih dan pedas, ini berasal dari santan serta cabai rawit yang digunakan sebagai bumbu utamanya. Nah, kalau kamu suka makanan pedas, jangan lupa untuk mencicipi Uta Kelo jika sedang berkunjung ke Kabupaten Donggala ini.

Makanan yang menyehatkan tubuh

Tidak hanya enak, daun kelor yang digunakan sebagai bahan pembuat makanan Uta Kelo ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Daun kelor dapat menambah tenaga, sehingga bisa dijadikan sebagai santapan makan siang untuk menggantikan tenaga yang hilang saat beraktivitas.

Mitos Uta Kelo

Makanan Uta Kelo ini memiliki mitos unik yang dipercayai masyarakat di sana. Mereka percaya jika ada orang yang berasal dari luar daerah datang dan mencicipi Uta Kelo, maka orang itu akan merasa rindu atau ingin kembali lagi ke daerah Suku Kaili.