5 Hal untuk Mencegah Kegemukan

By willa widiana, Selasa, 30 Mei 2017 | 06:58 WIB
Memperbanyak konsumsi buah dan sayur bisa mencegah kegemukan. (willa widiana)

Kegemukan merupakan salah satu hal penyebab penyakit tidak menular, seperti diabetes, jantung, hingga stroke. Menurut Kementerian Kesehatan RI, penyakit tidak menular merupakan salah satu hal penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Supaya penyakit itu tidak hinggap di tubuh, kita bisa melakukan 5 hal ini.

1. Kurangi porsi makan

Porsi makan yang harus dikurangi adalah karbohidrat. Jika kamu sudah mengonsumsi roti, usahakan untuk tidak mengonsumsi nasi dalam waktu dekat. Seperti kita tahu, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

2. Memerhatikan berat badan

Kegemukan bisa terjadi karena kita tidak memerhatikan berat badan. Kebanyakan orang hanya makan, tapi tidak menimbang tubuh mereka secara teratur. Padahal, menimbang tubuh secara teratur bisa membuat kita lebih waspada saat ada kenaikan berat badan.

3. Makan buah dan sayur

Buah dan sayur bisa membuat kita kenyang tanpa menggemukan badan. Jadi, perbanyaklah makan buah dan sayur. Selain tidak membuat gemuk, buah dan sayur juga bisa membantu cairan di tubuh tetap stabil.

4. Batasi gula, garam dan lemak

Saat ini banyak camilan enak yang dijual. Tapi sayang, camilan-camilan enak itu mengandung gula, garam, dan lemak yang cukup tinggi. Padahal, tiga hal itu merupakan salah satu penyebab kegemukan pada anak-anak.

5. Berolahraga

Olahraga bisa membakar lemak di tubuh. Jadi, jangan malas untuk berolahraga! Olahraga 30 menit setiap hari sudah cukup, kok, untuk mencegah kegemukan. Oiya, olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan tubuh.

Foto: flickr.com