Air Zamzam dari Sudut Ilmiah

By willa widiana, Selasa, 30 Mei 2017 | 02:46 WIB
Anak-anak sedang minum air zamzam. (willa widiana)

Orang yang menunaikan ibadah haji atau umroh, pasti membawa air zamzam sebagai oleh-oleh. Banyak orang mengatakan, air zamzam itu bagus untuk kesehatan. Bagaimana kandungan air zamzam dari sudut pandang ilmiah!

Banyak kandungan

Menurut analisis kimia, air zamzam tidak memiliki warna, tidak memiliki bau, memiliki rasa khusus, mengandung hidrogen, dan mengandung alkalin. Selain itu, air zamzam mengandung kalsium, florin, dan garam magnesium yang tinggi.

Kalsium dan florin pada air zamzam berguna  untuk kesehatan, sedangkan florin pada air zamzam bisa mencegah pertumbuahn bakteri.

Baik untuk kesehatan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh labolatorium di Amerika, air zamzam memiliki 30 elemen. Elemen itu memiliki neutron yang bisa membangkitkan energi. Melihat hasil penelitian itu, WHO (badan kesehatan dunia) pun menilai air zamzam sebagai air yang baik untuk kesehatan.

Tidak terkontaminasi

Sumur yang ada di wilayah hangat biasa ditumbuhi alga dan lumut. Tetapi, hal itu tidak terjadi pada sumur air zamzam. Meski sudah ada sejak ribuan tahun lalu, sumur air zamzam tetap bersih dari alga dan lumut. Bahkan, kontaminasi biologis pun tidak pernah terjadi.

Kotak Fakta:

Sumur air zamzam berada jauh dari sumber air utama yang lain. Kebanyakan sumur akan kering, tapi sumur air zamzam tidak pernah kering.

Setiap hari ribuan gallon air zamzam diambil dari sumurnya. Setiap hari pula sumur  air zamzam memroduksi air hingga bergalon-galon, tanpa bantuan sumur lain.