Boneka Khawatir di Guatemala

By Marisa Febrilian, Selasa, 30 Mei 2017 | 06:44 WIB
Boneka Guatemala (Marisa Febrilian)

 Konon, boneka tradisional dari Guatemala ini bisa melenyapkan rasa khawatir.

Si boneka mungil

Boneka itu disebut boneka khawatir. Bentuknya ada yang laki-laki, ada juga yang perempuan. Boneka khawatir kecil sekali. Ukurannya sekitar 2-5 cm. Itu kira-kira sebesar jari anak-anak sampai sebesar jari orang dewasa. Meskipun mungil, boneka khawatir dipercaya dapat membawa pergi segala rasa khawatir.

Hilangkan khawatir

Pernah merasa khawatir sampai akhirnya sulit tidur? Ketika merasa seperti itu, anak-anak di Guatemala akan menceritakan perasaan mereka pada boneka khawatir. Kemudian, mereka meletakkan boneka itu di bawah bantal. Mereka percaya boneka khawatir akan menghilangkan rasa khawatir mereka. Setelah itu, mereka dapat tidur dengan tenang. Ketika bangun tidur keesokan harinya, mereka pun tidak merasa khawatir lagi.

Suku Maya

Kepercayaan terhadap boneka khawatir itu sudah ada sejak zaman dulu. Diperkirakan, kepercayaan itu berasal dari Suku Maya. Lihat saja pakaian yang dikenakan boneka khawatir. Itulah pakaian tradisional Suku Maya. Berwarna-warni cerah dan bermotif garis-garis dan kotak-kotak.

Dibuat dari sisa tenun

Boneka khawatir dibuat di desa-desa di dataran tinggi Guatemala. Ibu-ibu yang membuatnya. Mereka membuat tubuhnya dari batang alang-alang atau dari kawat. Lalu, mereka balut dengan kain dan benang. Selanjutnya, mereka memanfaatkan sisa-sisa tenun tradisional untuk dijadikan pakaiannya. Setelah selesai, kira-kira 6 buah boneka khawatir dimasukkan ke dalam kantung kecil. Kemudian, siap dijual di pasar-pasar.

Boneka khawatir merupakan oleh-oleh yang cocok untuk wisatawan yang berlibur ke Guatemala. Ya, karena bentuknya kecil, jadi enggak repot dibawa dan enggak bikin tas bertambah berat. Pokoknya, enggak bikin khawatir!

Teks : Lita*, Foto : creativecommons.org, novica.com, etsy.com, shamansmarket.com, oh-i-see.com