Mengapa Bintang dan Planet Berbentuk Bulat?

By Sylvana Toemon, Selasa, 30 Mei 2017 | 04:47 WIB
Mengapa bintang dan planet berbentuk bulat? (Sylvana Toemon)

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa bintang dan planet berbentuk bulat? Apa yang menyebabkannya, ya?

Berbagai bentuk benda langit

Di alam semesta ada berbagai bentuk benda langit. Ada yang berbentuk debu, bulat, cakram, dan tidak beraturan. Bintang dan planet selalu berbentuk bulat. Bentuk bulat benda langit ada yang benar-benar bulat seperti bola, ada pula yang bulat pepat atau agak lonjong.

Gravitasi

Benda langit yang berputar lama-lama akan membentuk seperti bola. Semakin besar sebuah benda, makin besar pula gaya gravitasinya. Bintang dan planet berukuran sangat besar sehingga gravitasinya pun besar. Gravitasi adalah gaya yang menarik benda-benda ke inti benda dengan besar yang sama ke segala arah. Gaya gravitasi itu menarik materi di sekitarnya sehingga memadat dan berbentuk bulat.

Pengaruh rotasi

Pada akhirnya bintang dan planet akan berputar dengan kecepatan tetap, yang kita kenal dengan rotasi. Benda yang rotasinya lambat, akan berbentuk bulat sempurna. Matahari adalah bintang yang berbentuk bulat sempurna. Benda yang berputar cepat, akan menjadi pepat pada kutubnya, diameter di daerah khatulistiwanya lebih besar. Bumi termasuk yang berbentuk bulat pepat.

Sumber: langitselatan.com, kompas.com