Kastil Grafiti di Glasgow Skotlandia

By Putri Puspita, Selasa, 30 Mei 2017 | 06:46 WIB
Kastil penuh grafiti di Skotlandia. Foto: http://www.chaslerie.fr (Putri Puspita)

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata kastil? Megah, cantik, anggun. Nah, ada yang unik di Glasgow, Skotlandia, yaitu kastil penuh grafiti.  

 Kastil Kelburn

Kastil Kelburn adalah salah satu kastil yang menjadi daya tarik wisatawan di Skotlandia. Kastil yang sudah ada sejak abad ke-13 ini cukup unik dengan berbagai warna-warni graffiti di dindingnya. Seni grafiti pada dinding kastil dibuat pada tahun 2007. Awalnya, pangeran Glasgow sang pemilik kastil ingin menghilangkan lapisan semen yang ditambahkan ke kastil pada tahun 1950-an.

Sejarah

Bangunan ini telah menjadi milik keluarga Boyles sejak abad ke-13. Pada tahun 1703, parlemen Skotlandia menamai kastil ini sebagai Earl of Glasgow pada saat kepemilikan David Boyle. Sejak itu Kastil Kelburn menjadi rumah dari keturunan keluarga Earls. Lalu, pada tahun 2007, Patrick Robin Archibald Boyle, pemilik Earl of Glasgow diminta untuk menghapus semen yang telah ditambahkan ke bangunan pada tahun 1950-an untuk menghindari kerusakan batu.

Kreatif

Patrick Robin mengundang sekelompok seniman Brasil yang terdiri dari empat orang untuk menghiasi menara benteng dan dinding dengan gaya unik berupa grafiti seni. Kastil ini dinobatkan sebagai monumen sejarah negara Skotlandia dan telah disepakati untuk dipertahankan dengan seni graffiti. Awalnya hanya jadi karya seni sementara, tetapi melihat respon positif masyarakatm akhirnya seni grafiti di kastil ini sebagai karya seni permanen sampai sekarang.