Hydrangea, si Bunga Pecah Seribu

By Marisa Febrilian, Selasa, 30 Mei 2017 | 07:59 WIB
Bunga Hydrangae (Marisa Febrilian)

Kumpulan bunga-bunga kecil ini bersatu sehingga membentuk bulatan yang indah. Namanya Hydrangea. Bunga ini juga dikenal dengan nama bunga hortensia, bunga bokor, bunga pecah seribu, atau bunga tiga bulan. Hydrangea kebanyakan berwarna biru. Bunga ini biasanya digunakan untuk membuat canang sari, yaitu perlengkapan dalam upacara keagamaan umat Hindu, sebagai persembahan.

Pecah seribu

Teman-teman sudah bisa menebak belum, kenapa dinamakan bunga pecah seribu? Jika dilihat dari jauh, hydrangea terlihat seperti bunga yang besar. Tapi, jika didekati, ternyata bunga ini terdiri dari kuntum bunga-bunga kecil. Di setiap kuntumnya, terdiri lagi dari kelopak-kelopak bunga kecil. Bunga yang terlihat besar itu seperti pecah, menjadi ribuan bunga. Itulah sebabnya bunga ini dikenal dengan nama bunga pecah seribu.   

Banyak warnanya

Hydrangea memiliki warna yang bermacam-macam. Warna utamanya adalah biru, putih, dan merah muda. Setiap warna utamanya, bisa menghasilkan warna yang bermacam-macam lagi. Misalnya warna biru. Hydrangea biru punya warna biru yang bermacam-macam, seperti biru muda, biru tua, dan biru keungu-unguan. Begitu juga dengan warna merah muda dan putihnya.

Bunga hydrangea tumbuh subur di musim hujan seperti sekarang ini. Di Indonesia, hydrangea banyak ditemukan di Bali.

Teks : Iveta, Foto: creativecommons.org