Jauhi Orang Merokok! Berbahaya!

By Putri Puspita, Rabu, 31 Mei 2017 | 04:42 WIB
Banyak racun bercampur di rokok. Foto: tubasmedia,com (Putri Puspita)

Rokok mengandung nikotin yang sifatnya adiktif atau membuat kita ketagihan. Hal inilah yang menyebabkan jumlah perokok di Indonesia terus bertambah. Padahal ada banyak sekali hal berbahaya dari rokok.

Zat brerbahaya dalam rokok

Di dalam rokok terdapat 4000 bahan kimia berbahaya. Konon, 69 bahan kimia diantaranya merupakan zat karsinogenik yang dapat menimbulkan kanker. Bayangkan, kalau ada kakekmu atau orang dewasa merokok, mereka akan menelan ribuan racun berbahaya. Zat-zat bahaya yang terkandung di dalam rokok di antaranya tar, karbon monoksida, sianida, arsen, formalin, dan lainnya.

Nikotin

Tembakau sebagai bahan pembuat rokok mengandung nikotin. Nikotin memiliki efek buruk bagi kesehatan. Zat yang terkandung dalam tembakau ini mengikat jalur dopamin otak seperti halnya zat terlarang lain seperti alkohol, met, dan heroin, sehingga akan mengganggu otak.

Menurut penelitian, nikotin tembakau telah membunuh 600 ribu perokok pasif per tahunnya. Perokok pasif adalah orang tidak merokok, tetapi terpapar asap rokok. Menurut penelitian pada tahun 2004, sepertiga kematian anak terjadi akibat sebagai perokok pasif.

Rokok membuat otak terganggu

Tahukah kamu kalau rokok dapat menurunkan fungsi otak? Nah, jika fungsi otak menurun, maka kecerdasan pun akan menurun.  Belum lagi dampak buruk yang menyebabkan penyakit kanker, serangan jantung, paru-paru, dan lainnya.

Rokok sangat berbahaya. Oleh karena itu, ingatkan kalau ada orang dewasa merokok.