Bisakah Berolahraga Saat Puasa?

By Aisha Safira, Rabu, 31 Mei 2017 | 09:15 WIB
Bisa kok berolahraga saat puasa tapi ada yang harus diperhatikan. Foto: pediatriccenterofroundrock.com (Aisha Safira)

Olahraga jika dilakukan secara rutin dapat menyehatkan tubuh. Bagaimana saat bulan puasa? Apakah kita tetap bisa berolahraga?

Saat berpuasa kita tidak boleh makan dan minum. Sedangkan kalau setelah berolahraga pasti kita merasa haus atau lapar. Jadi bisakah berolahraga saat bulan puasa? Jawabannya adalah bisa. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau mau tetap berolahraga saat bulan puasa.

1. Waktu berolahraga dan lamanya

Waktu yang paling baik untuk berolahraga saat puasa adalah sebelum atau sesudah berbuka. Jika kamu ingin berolahraga sebelum berbuka puasa, lakukanlah selama 30-60 menit. Kalau ingin berolahraga setelah berbuka puasa, lakuknalha selama 60 menit. Tapi jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kemampuan tubuhmu juga ya. Kalau sudah merasa lelah tidak perlu diteruskan.

2. Pilih olahraga ringan

Di bulan puasa ini, pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat. Contohnya seperti jalan, jogging, bersepeda atau berenang. Jangan melakukan olahraga yang atau melebihi kemampuan tubuhnya. Dikhawatirkan tubuh tidak mampu melakukannya.

3. Konsumsi makanan yang bergizi

Saat menjalankan puasa, kita hanya makan dua kali sehari. Kita makan saat sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, kita harus mengkonsumsi makanan yang bergizi. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat, serat, dan protein. Makanan ini dapat meningkatkan gula dalam darah, memberikan energi, dan memperbaiki sel otot yang rusak saat berolahraga.

4. Tidur harus cukup

Di bulan puasa, sering kali kita kurang tidur. Hal ini dapat mempengaruhi kerja tubuh kita. Oleh karena, pastikan kita tidur 7-9 jam per hari. Dengan begitu, tubuh kita tetap akan mempunyai tenaga yang cukup untuk beraktivitas termasuk berolahraga.

5. Banyak minum

Setelah berolahraga tentunya kita harus banyak minum. Tujuannya agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Setelah berbuka puasa minumlah 1,5 sampai dua liter air sehingga kita tidak mengalami dehidrasi.