Sun Dogs, Saat Matahari Jadi Kembar 3

By willa widiana, Rabu, 31 Mei 2017 | 09:18 WIB
Sun dogs adalah fenomena alam yang unik dan jarang terjadi. (willa widiana)

Di langit, Matahari jadi kembar tiga! Wah... apa yang terjadi? Apakah Matahari terbelah?

Sun Dogs

Sun dogs adalah fenomena alam yang unik dan jarang terjadi. Dalam fenomena ini, matahari akan terlihat lebih dari satu. Dalam bahasa sains, sun dogs disebut sebagai parhelion.

Kenapa namanya sun dogs?

Saat fenomena sun dogs terjadi, matahari akan terbagi menjadi matahari besar dan matahari kecil. Nah, matahari-matahari kecil itu terlihat seperti anjing penjaga yang sedang duduk manis di samping tuannya (matahari besar). Hal itulah yang membuat fenomena ini dinamai sun dogs.

Bagaimana sun dogs terbentuk?

Sun dogs terbentuk saat ada lempengan es berbentuk segi delapan di udara. Lempengan es ini biasanya terbentuk pada awan sirrus yang tinggi. Lempengan-lempengan es ini akan membelokkan sinar matahari dengan sudut minimal 22 derajat.

Nah, pembelokan sinar itulah yang membuat matahari terbagi menjadi beberapa bagian. Sekilas, proses terbentuknya sun dogs mirip dengan proses terbentuknya pelangi.

Dimana sun dogs ditemukan?

Fenomena sun dogs pernah terjadi di beberapa negara, seperti Inggris, Thailand, Khazakhstan, Cina, dan beberapa negara lain. Tapi sayang, fenomena alam yang unik ini belum pernah terjadi di Indonesia.

Teks: Dwi, Foto: Creative Commons