Goa Superman di Meksiko

By willa widiana, Rabu, 31 Mei 2017 | 09:20 WIB
Cueva de los Cristales (willa widiana)

Kristal-kristal raksasa tak hanya ada di Planet Krypton atau Forest of Solitude dalam fiksi Superman. Kristal-kristal itu juga ada di sebuah goa, di Meksiko.

Cueva de los Cristales

Goa kristal bernama Cueva de los Cristales ini terletak di Gunung Naica, Chihuahua, Meksiko. Goa ini ditemukan oleh para penambang yang menggali terowongan, pada tahun 2000. Kristal yang ada di dalam goa ini adalah kristal selenit raksasa.

Tapal kuda

Goa kristal ini bentuknya seperti tapal kuda. Lebarnya 10 meter dan panjangnya 30 meter. Lantai, dinding, dan langi-langit goa dipenuhi oleh kristal, mirip dengan yang ada dalam kisah Superman. Oiya, kristal di goa ini panjangnya bisa mencapai 12 meter dengan berat 55 ton.

Air tanah

Kristal yang ada di goa ini terbentuk dari air tanah yang mengandung kalsium sulfat. Suhu yang tinggi, akibat adanya aliran magma membuat air yang kaya mineral itu menjadi sangat panas. Ketika mulai mendingin, terbentuklah kristal. Kristal bisa tumbuh pesat karena terendam dalam air kaya mineral yang bersuhu sangat tinggi. Proses ini berlangsung hingg ribuan tahun. Diperkirakan, umur kristal-kristal itu mencapai 600.000 tahun.

Posisi goa dekat dengan saluran magma. Hal itu membuat suhu di dalam goa bisa mencapai 50 derajat celcius dengan kelembapan 100 persen. Manusia tanpa perlengkapan khusus hanya bisa bertahan selama 10 menit. Hiiihhh seram juga, ya!

Teks: Vero, Foto: Creative Commons