Misteri Pilar-Pilar Cahaya

By willa widiana, Rabu, 31 Mei 2017 | 10:05 WIB
Pilar-pilar cahaya di sekitar daerah Kutub. (willa widiana)

Di kolong langit daerah sekitar kutub, sering terjadi penampakan pilar-pilar cahaya. Apa yang menyebabkan kemunculannya?

Kejadian alam

Pilar cahaya sebenarnya kejadian alam biasa, ia dapat dijelaskan dengan ilmu optik. Yakni, ilmu yang mempelajari sifat cahaya dan hubungan cahaya dengan benda-benda lain. Pilar cahaya terjadi karena bertemunya sinar dengan butiran es yang jatuh dari langit. Sinar yang menghasilkan pilar cahaya bisa berasal dari matahari atau sinar lampu yang kuat.

Terang dan tinggi

Terang dan tingginya pilar tergantung pada bentuk butiran es yang memantulkannya. Butiran es yang jatuh dari langit bentuknya ada beberapa macam. Ada yang seperti bintang, pipih seperti piring, silinder, hingga runcing. Butiran es berbentuk pipih seperti piring dan silinder dapat menghasilkan efek cahaya yang indah.

Oiya, fenomena cahaya ini tidak hanya berbentuk pilar. Tergantung banyak dan bentuk susunan butiran es yang jatuh dari langit.

Beda warna

Warna pilar cahaya tergantung dari posisi sumber cahaya yang menyinari. Jika posisi matahari tinggi di atas cakrawala, pilar cahaya yang terbentuk berwarna putih atau kuning terang. Namun, jika posisi matahari cukup rendah dekat cakrawala, warnanya dominan jingga, emas, atau merah.

Teks: Joko, Foto: Creative Commons