5 Rahasia Cicak

By Marisa Febrilian, Jumat, 2 Juni 2017 | 02:30 WIB
Rahasia Cicak (Marisa Febrilian)

Cicak cicak di dinding… Diam-diam merayap… Ah, teman-teman pasti sudah sangat hafal lagu ini. Hmm, tapi sudahkah teman-teman tahu rahasia tentang cicak? Kalau belum, simak, yuk!

Rahasia 1: Cicak bisa memutuskan ekornya

Saat dalam keadaan bahaya, cicak akan memutuskan ekornya. Upss… apa maksudnya? Rupanya dengan cara itu, musuh jadi terkecoh. Saat musuh mengejar ekor putus, maka cicak akan lari menyelamatkan diri. Wiii… pintar ya! Memutuskan ekor ini namanya autotomi.

Rahasia 2: Melekat kuat

Apakah ada lem di telapak kakinya? Sehingga ia tidak terjatuh saat merayap di dinding bahkan di atap rumah. Jawabannya, tidak ada. Yang ada di telapak kakinya hanyalah ratusan ribu bulu-bulu halus. Jauuuh lebih halus daripada sehelai rambut manusia. Dengan bulu-bulu inilah, cicak punya kekuatan untuk mencengkeram tempat pijakannya.

Rahasia 3: Lidahnya lengket

Awasss….! Perhatikan, cicak itu suka menjulurkan lidahnya. Syuuut…. Nah, itu artinya ia hendak menangkap mangsanya. Makanan kesukaannya adalah serangga. Salah satunya nyamuk. Dengan lidahnya itulah, ia menangkap mangsanya. Syuuut… santapan lezat yang ia incar akan melekat di lidahnya. Lidahnya cicak itu seperti ada lemnya. Jadi, kalau nyamuk terjilat lidah cicak, ia takkan bisa melepaskan diri lagi.

Rahasia 4: Bisa berenang

Byuurr… Tebak apa yang terjadi, jika seekor cicak jatuh ke air? Ternyata cicak bisa berenang, lo! Walaupun ia hewan yang hidup di darat, tapi ia bisa berenang. Ada selaput di kakinya, seperti selaput yang terdapat pada kaki buaya. Selaput inilah yang membuatnya bisa berenang.

Rahasia 5: Lambang kebijaksanaan

Ada teman-teman, yang berasal dari suku Batak? Di rumah adat ada ukiran cicak di depan rumahnya. Menurut leluhur orang Batak, cicak adalah lambang kebijaksaan dan kekayaan. Kenapa begitu? Karena cicak dianggap mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Cicak juga bisa hidup di mana saja. Konon, orang Batak, diharapkan bisa menyesuaikan diri di mana saja berada.

Masih adakah rahasia tentang cicak yang teman-teman tahu?

Teks: (Yanti*), Foto: musingsofamaiden.blogspot.com