Kursi Prioritas di Angkutan Umum

By Sylvana Toemon, Jumat, 2 Juni 2017 | 02:43 WIB
Kursi prioritas di angkutan umum (Sylvana Toemon)

Saat berkendara menggunakan kendaraan umum, pasti ada kursi berwarna cerah yang berbeda dari kursi lainnya. Kursi itu disebut kursi prioritas. Untuk siapakah sebenarnya kursi itu?

Kursi Berwarna Rerang di Dalam Angkutan Umum

Kursi prioritas selalu dibuat berbeda warna dengan kursi penumpang biasa. Warnanya terang sehingga mudah terlihat. Kursi prioritas biasanya dibuat berwarna merah. Warna merah itu menandakan tidak semua orang boleh mendudukinya. Ada pula yang berwarna lain, tetapi fungsinya tetap sama.

Orang-orang Prioritas

Kursi merah itu khusus untuk orang yang sudah tua, ibu hamil, ibu yang membawa anak kecil, dan orang yang difabel. Mereka inilah orang-orang yang berhak duduk di tempat itu. Mereka adalah orang-orang yang mendapat prioritas (diutamakan) untuk menduduki kursi itu. Semua penumpang kendaraan umum wajib memahaminya.

Berlaku di Seluruh Dunia

Kursi itu boleh digunakan oleh orang lain pada saat tidak ada orang yang harus diprioritaskan. Namun, saat ada orang yang  diprioritaskan masuk ke dalam kendaraan umum, tempat itu harus diberikan kepada yang berhak. Ketentuan ini berlaku di seluruh dunia. Biasanya di dekat kursi itu ada penanda untuk mengingatkan para penumpang. Petugas di kendaraan pun akan selalu mengingatkan penumpang tentang hal ini.

Kamu sudah tahu, kan, apa yang harus dilakukan jika bertemu nenek tua yang berdiri di kendaraan umum?