Senangnya Tinggal di Indonesia

By Putri Puspita, Jumat, 2 Juni 2017 | 02:53 WIB
Gerbang masuk TMII. Foto: http://assets-a2.kompasiana.com (Putri Puspita)

Aku tidak sabar lagi. Ini adalah pertama kalinya aku akan pergi ke Taman Mini sebelum kembali ke Bali. Aku datang ke Jakarta untuk menghadiri wisuda kakak. Nah, kakak berjanji akan mengajakku berjalan-jalan keliling Indonesia dalam satu tempat bernama Taman Mini Indonesia Indah. Aku sangat penasaran.

Kami pergi diantar Paman, ada aku, kakak, Bapak, dan Ibu. Sudah lama sekali aku mendengar keindahan Indonesia di Taman Mini, tetapi baru kali ini aku bisa berkunjung ke Jakarta dan pergi ke Taman Mini.

“Kita sudah sampai Dek,” kata Kak Putu dengan semangat.

Aku masih takjub melihat ke sekeliling. Besar sekali taman mini ini.

“Hei, halooo,” kata Kak Putu sambil dada-dada kepadaku yang takjub.

“Besar ya Kak. Ayo kita tak boleh buang waktu. Ayo kita berkeliling!” kataku bersemangat.

Kami pun mulai berkeliling dari satu rumah adat ke rumah adat lainnya. Kadang kami berjalan kaki, atau ketika bertemu dengan bus keliling, kami naik bus. Rasanya tidak ada lelahnya berkeliling karena apa yang aku lihat selama ini di buku IPS, sekarang benar-benar jadi nyata. Luar biasa indah! Aku senang sekali melihat kekayaan Indonesia ini, ada rumah adat dan senjata, baju daerah, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain ke rumah adat, kami juga pergi ke museum. Aku senang sekali ketika ada di Museum Asmat yang berisi berbagai benda-benda khas suku dari Papua. Nah, di museum transportasi aku bisa lihat banyak kendaraan kuno. Contohnya kereta. Di Bali kan tidak pernah ada kereta, jadi aku senang sekali bisa mendekat ke kereta. Aku juga bertemu banyak anak-anak yang sedang berwisata di sekitar Museum Transportasi.

Kami mengakhiri kunjungan di Rumat Adat Bali.

“Wah kak, mirip rumah kita gapuranya ya,” kataku, masih takjub.

“Hihihi, iya Dek, namanya aja rumah Bali,” jawabnya.

Ternyata di dalam rumah adat ini tidak hanya ada rumah biasa, tetapi ada pura di dalamnya. Kami pun bersembahyang bersama. Selesai bersembahyang, kami pun berfoto bersama di depan rumah adat Bali. Aku meminta Kak Putu untun bergaya dan aku akan memfoto. Aku akan membuat hadiah untuk wisuda Kak Putu dari foto ini.

Aku senang sekali bisa berkeliling Indonesia di Taman Mini. Banyak sekali rumah adat yang unik dan indah. Aku senang tinggal di Indonesia. Aku juga senang jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah.