Tips Merebus Telur Menggunakan Microwave

By Putri Puspita, Jumat, 2 Juni 2017 | 08:05 WIB
Suka telur rebus? Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Siapa yang suka telur rebus? Merebus adalah salah satu cara mengolah telur ayam yang sederhana dengan tetap mempertahankan nilai gizinya. Biasanya telur di rebus di dalam panci atau wajan di atas api kompor.

Nah, beberapa orang menganggap bahwa merebus telur menggunakan kompor sama dengan menggunakan microwave, sehingga sering kali terjadi telur yang pecah saat direbus dengan microwave. Bahkan ketika kamu salah memilih wadah, maka wadah itu pun bisa pecah. Hal ini bisa merusak microwave dan membahayakan diri karena pecahan wadah bisa terlempar. Peristiwa ini bisa terjadi karena tekanan di dalam telur tidak sama, ada yang sudah matang dan nada yang belum.

Nah, berikut adalah tips merebus telur menggunakan microwave.

a. Siapkan wadah yang cocok untuk microwave

Tidak semua bahan dapat tahan di dalam microwave yang panas. Kamu harus berhati-hati memilih bahan dan baca petunjuk di microwave yang kamu miliki, serta baca juga petunjuk ketika membeli produk atau wadah. Hal ini penting agar wadah tidak rusak ketika dimasukka ke dalam mircrowave.

b. Masukkan telur ayam dan air ke dalam wadah

Perhatikan bahwa permukaan air telah menutupi seluruh bagian telur ayam. Jangan sampai ada bagian telur yang tidak tertutup air. Ini adalah awal mulai telur bisa pecah ketika belum matang seluruhnya karena ada udara panas terkumpul di bagian yang tidak terkena air.

c. Berikan garam

Fungsi garam disini adalah untuk membuat telur tetap dalam posisi melayang. Hal ini membantu telur bisa matang dengan sempurna menggunakan microwave.

d. Atur waktu

Biasanya perlu sekitar 6-7 menit untuk membuat telur matang dengan sempurna.

Selamat menikmati telur ayam rebus yang kaya gizi!