Jus atau Kurma, Takjil yang Paling Tepat!

By willa widiana, Jumat, 2 Juni 2017 | 07:49 WIB
Kurma, makanan yang bisa menaikkan gula darah. (willa widiana)

“Berbukalah dengan yang manis.” Teman-teman pasti sering mendengar ucapan itu. Kenapa kita harus berbuka dengan yang manis?

Gula darah

Saat berpuasa, gula darah di dalam tubuh kita menurun. Agar tidak semakin lemas, kadar gula darah kita harus segera dinaikkan saat buka puasa tiba. Makanan atau minuman manis merupakan salah satu cara untuk menaikkan kadar gula darah kita.

Jus atau kurma

Saat waktu berbuka tiba, usahakan untuk mengonsumsi jus atau sari buah. Dua minuman itu bisa menaikkan gula darah kita yang turun. Jika malas minum jus atau sari buah, kita bisa menggantinya dengan mengonsumsi kurma.

Oiya, kurma yang dikonsumsi harus kurma yang masih segar dan berkulit keras. Kura yang masih segar biasanya mengandung banyak serat. Kalau kurma yang sudah lembek biasanya kandungan glukosanya terlalu tinggi.

Bagaimana dengan kolak dan makanan lain?

Menurut dokter Samuel, makanan atau minuman manis yang dikonsumsi saat berbuka itu harus sehat. Jus, sari buah, dan kurma merupakan makanan dan minuman yang sehat. Kolak, es cendol, kelapa dengan sirup, dan teh manis tidak terlalu disarankan oleh dokter Samuel.

Foto: pixabay.com