Cantiknya, Pantai Batu Perahu

By Marisa Febrilian, Sabtu, 3 Juni 2017 | 22:00 WIB
Pantai Batu Perahu di Toboali, Bangka Selatan (Marisa Febrilian)

Kota Toboali atau yang terkenal dengan sebutan negeri Junjung Besaoh. Tak hanya terkenal dengan wisata sejarah atau kuliner khasnya, kota ini juga mempunyai wisata bahari yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah pantai Batu Perahu.

Pasir putih

Pantai Batu Perahu terletak di Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Dari kota Toboali, pantai ini berjarak sekitar 2 km. Kalau berkendara dengan sepeda motor atau mobil, kira-kira akan memakan waktu sampai 20 menit.

Nah, saat sampai di pantai Batu Perahu, kita akan melihat hamparan pasir putih yang halus. Ditambah lagi, air laut yang jernih dan berwarna kebiru-biruan. Wah, semakin menambah keindahan pantai Batu Perahu.

Pantai berbatu

Yang paling menarik dari wisata bahari di Toboali, Bangka Selatan adalah hamparan batuan granit yang tersebar di sekitar pantai. Ukuran batuan ini bermacam-macam, ada kecil, sedang sampai besar. Bebatuan granit yang ada di pantai ini merupakan fenomena alam yang terjadi sejak ratusan tahun lalu.

Uniknya, nama “Batu Perahu” diambil karena di pantai ini terdapat batu yang bentuknya menyerupai perahu. Dan batu ini menjadi ikon dari pantai ini. Banyak wisatawan yang datang dan berfoto-foto di depan batu yang mirip seperti perahu.

Melihat senja

Kalau cuaca sedang cerah, kita dapat melihat matahari tenggelam. O iya, tak perlu khawatir kelaparan, di pinggir pantai Batu Perahu terdapat penjual makanan dan minuman. Asyiiknya! O iya, masuk ke pantai ini tidak dipunggut biaya alias gratis.

Selain pantai Batu Perahu, di Toboali masih banyaaak pantai-pantai lain yang tak kalah indahnya. Tertarik  ke Toboali?

(Marisa*) Foto : Ricky Martin*