Seberapa Kuat Gigi T.rex?

By willa widiana, Sabtu, 3 Juni 2017 | 22:46 WIB
Gigitan T.rex bisa mematahkan tulang. (willa widiana)

Tyrannosaurus rex atau T.rex merupakan salah satu dinosaurus yang terkenal ganas. T.rex selalu digambarkan dengan gigi tajam yang bisa mengoyak daging mangsanya. Kira-kira... seberapa kuat gigi T.rex?

Tekanan yang besar

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report, tekanan rahang T.rex bisa mencapai 3.500kg, sedangkan tekanan giginya bisa mencapai 195.500kg. Tekanan sebesar itu bisa membuat daging mangsanya berlubang, bahkan bisa mematahkan tulang.

Tekanan rahang dan gigi sebesar itu tidak bisa disaingi oleh reptil yang ada saat ini. Bahkan, gigitan buaya yang terkenal kuat pun tidak bisa menyaingi gigitan T.rex. Wah... menyeramkan juga, ya, si T.rex ini!

Gigi kerucut

Selain memiliki tekanan yang kuat, T.rex juga memiliki 30 gigi kerucut di bagian rahang atasnya. Gigi itu bisa tumbuh hingga beberapa inchi. Setiap dua tahun sekali, gigi kerucutnya akan diganti dengan gigi yang baru.

Gigi yang kuat dan mematikan itu sangat membantu T.rex dalam berburu. Saat mendapatkan mangsa, T.rex bisa mencengkram mangsanya dengan mulut mereka. Jadi, tangan kecilnya tidak telalu menjadi masalah bagi para T.rex.

Menyerang kepala

Saat menemukan musuh atau mangsa yang seukuran dengannya, T.rex suka menyerang bagian kepala. Kepala adalah pusat dari tubuh. Jika kepala sudah rusak, maka bagian tubuh yang lain pun tidak bisa berfungsi dengan baik. Nah, hal itulah yang membuat T.rex suka menyerang dinosaurus lain di bagian kepala.

Bagaimana Teman-teman? Apakah kamu sudah bisa membayangkan... seberapa kuat gigi T.rex?

Foto: pixabay.com