Pesan Terakhir Cassini

By Sylvana Toemon, Jumat, 2 Juni 2017 | 22:00 WIB
Pesan terakhir Cassini (Sylvana Toemon)

Cassini adalah nama wahana khusus untuk meneliti Planet Saturnus. Cassini yang telah beroperasi selama 20 tahun itu akan mengakhiri misinya pada tahun 2017. Apa saja pesan terakhir yang dikirimkan Cassini?

Baca juga: Cassini Sampai di Saturnus Setelah 20 Tahun Terbang Tanpa Henti

Akhir misi 20 tahun

Setelah 20 tahun, Cassini akan mengakhiri tugasnya meneliti Planet Saturnus. Cassini akan mengitari planet bercincin itu sebanyak 20 kali, kemudian menuju ke kutub utara Planet Saturnus. Gravitasi Planet Saturnus akan menarik Cassini masuk ke atmosfernya. Cassini akan terlihat seperti meteor di langit Planet Saturnus.

Pesan diterima oleh 2 parabola besar

Sebelum itu semua terjadi, Cassini masih mengirimkan pesan-pesan terakhirnya. Pesan-pesan itu ditangkap oleh 2 parabola radio yang berada di New Norcia, Australia dan di Malargue, Argentina. Kedua parabola itu ukurannya besar sekali, setara dengan rumah yang besar. Pesan itu telah mengarungi antariksa sejauh 1600 juta kilometer untuk sampai ke Bumi.

Pesan terakhir

Pada awal tahun 2017, Cassini mengirim pesan bahwa ia sedang bergerak melintasi cincin es Planet Saturnus. Dari pesan itu, para astronom dapat mengetahui komponen penyusun dan bentuk cincin Planet Saturnus yang terkenal itu. Memasuki bulan April 2017, Cassini makin dekat ke atmosfer planet. Cassini akan terus mengirimkan pesan sampai hari terakhirnya, yaitu tanggal 15 September 2017.

Pesan-pesan terakhir Cassini sangat membantu para astronom untuk memahami cincin Planet Saturnus dan maupun atmosfer di planet itu.

Sumber: esa.int, saturn.jpl.nasa.gov, langitselatan.com,