Lezatnya Tahu Gimbal Makanan Khas Semarang

By Yomi Hanna, Sabtu, 3 Juni 2017 | 02:56 WIB
Foto: indonesiana.co.id (Hanna Vivaldi)

Apakah kamu pernah jalan-jalan ke Semarang, Jawa tengah? Di kota ini ada kuliner tradisional yang cukup terkenal di Indonesia, lo. Namanya adalah tahu gimbal, yaitu makanan yang terdiri dari tahu goreng, irisan kol, lontong, taoge, telur, dan gimbal yang dicampur dengan bumbu kacang.

Tapi jangan salah ya, teman-teman, gimbal di sini tidak ada hubungannya dengan rambut, tetapi gimbal yang dimaksud adalah berupa udang yang digoreng dengan tepung yang bentuknya mirip dengan bakwan udang.

Cara membuat tahu gimbal

Cara membuat tahu gimbal cukup mudah, lo. Pertama-tama lontong dan gimbal dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam piring. Selain itu, ditambahkan bahan lain seperti irisan kol, taoge, dan telur goreng di atasnya. Setelah semuanya tercampur barulah bumbu kacang disiram di atasnya.

Agar lebih sedap, kita bisa menambahkan bawang goreng, irisan daun bawang, kecap, serta sambal lalu dimakan bersama kerupuk.

Tahu gimbal mirip dengan pecel

Tahu gimbal sekilas mirip dengan pecel karena menggunakan bumbu kacang dalam penyajiannya. Namun yang menjadi perbedaannya adalah bahan-bahan pada tahu gimbal bukanlah berupa sayur-sayuran yang lengkap seperti pecel, hanya menggunakan taoge dan irisan kol.

Kekentalan bumbu kacang yang digunakan juga berbeda, tidak sama dengan pecel, bumbu tahu gimbal lebih encer. Selain itu bumbu kacangnya juga menggunakan petis udang, sehingga rasa tahu gimbal lebih khas.

Mudah ditemukan di Semarang

Penjual tahu gimbal di Semarang sangat banyak, baik yang dijajakan di warung kaki lima maupun di warung makan.

Jika kamu berkunjung ke kota ini, kamu bisa mencari tahu gimbal di daerah taman Semarang atau taman KB yang tidak jauh dari Simpanglima. Selain itu, ada juga di sepanjang Jalan Pahlawan dan di depan masjid Baiturrahman, Semarang