Sate Susu, Mi Glosor, dan Pakat, Makanan Ini Muncul di Bulan Ramadhan

By willa widiana, Sabtu, 3 Juni 2017 | 07:00 WIB
Ternyata... sate susu termasuk makanan yang hanya ada di Bulan Ramadhan, lo. (willa widiana)

Makanan yang hanya muncul di bulan ramadhan tak hanya kolak, sotong pangkong, dan kicak, lo. Masih ada 3 makanan lain yang hanya muncul di bulan ramadhan.

1. Sate susu

Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan kantong susu sapi sebagai bahan utamanya. Sebelum dibakar, kantong susu sapi itu akan direbus terlebih dahulu. Setelah itu, kantong susu sapi akan dipotong dan dibakar di atas arang. Bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang.

Sate susu ini merupakan makanan khas dari Bali. Namun sayang, sate ini hanya ada di Bulan Ramadhan saja. Umat muslim di Bali banyak yang mencari sate susu untuk dijadikan menu buka puasa. Unik, ya?

2. Mi glosor

Mi Glosor atau mi yang mudah ditelan ini sebenarnya berasal dari Sukabumi. Namun, mi berwarna kuning ini terkenal di Kota Bogor. Saat ini, mi glosor sudah dianggap sebagai kuliner khas Bogor yang hanya ada di Bulan Ramadhan.

Mi ini tampak transparan, karena terbuat dari tepung sagu. Kalau warna kuningnya berasal dari kunyit. Jadi, kamu tidak perlu khawatir, ya! Oiya, mi glosor ini biasanya diolah dengan cara ditumis bersama sayuran atau bahan lain yang disukai.

3. Pakat

Pakat adalah makanan khas Bulan Ramadhan yang berasal dari daerah Tapanuli. Ada yang tahu, apa itu pakat?

Pakat adalah makanan yang berasal dari rotan muda. Untuk mendapatkan pakat, kita harus memilih rotan muda terlebih dahulu. Setelah itu, rotan akan dicuci hingga bersih dan kemudian dibakar hingga matang. Proses pembakaran ini biasanya berlangsung selama satu jam.

Jika sudah matang, bagian luar rotan akan dikupas dan bagian dalamnya akan dikonsumsi dengan taburan serundeng.

Nah, Teman-teman, itulah beberapa makanan yang hanya muncul di Bulan Ramadhan. Dari semua makanan itu, mana yang paling kamu sukai?

Foto: kompasiana.com, tribunnews.com, mariam-ajm.com, travelmatekamu.com