Planet Sejajar Akan Muncul Lagi?

By Eka Kartika, Minggu, 4 Juni 2017 | 03:01 WIB
Planet Sejajar, Foto: zoom (Eka Kartika)

Setelah sempat muncul beberapa kali dengan tahun dan bulan yang berbeda beda. Planet sejajar akan kembali menampakkan bentuknya kembali, teman–teman. Tapi, apakah dalam waktu dekat ini planet sejajar itu akan muncul? 

Apa sih Planet sejajar itu?

Planet sejajar adalah, penampakan 3 atau bahkan 5 planet di sistem tata surya di satu garis sejajar di langit, yaitu garis ekliptika (Jalur yang dilalui oleh suatu benda dalam mengelilingi suatu titik pusat sistem koordinat tertentu).

Biasanya kemunculan planet sejajar dapat  dilihat tanpa mempergunakan teleskop, teman – teman. Karena kemunculan fenomena planet sejajar tersebut biasanya terjadi pada saat terbenamnya matahari.

Fenomena Langka

Menurut para ahli astronomi, Moedji Raharto salah satu dosen astronomi di Bandung, sekaligus peneliti di Observatorium Bosscha, Lembang, Prof. Allan Duffy dari Universitas Teknologi Swinburne di Melbourne, dan Dr. Cindy Ng dosen senior Departemen Fisika National University of Singapore.fenomena planet sejajar ini sangatlah langka dan tentu terjadi setahun sekali atau bahkan 10 tahun sekali. Kalaupun nanti ada planet-planet lain yang konfigurasinya sejajar, komposisinya akan berbeda.

Mengapa bisa terjadi planet sejajar?

Terjadinya planet sejajar ini karena seluruh sistem tata surya bentuknya datar seperti piringan hitam, teman – teman. Beberapa planet yang pernah tampil sejajar adalah; Bulan, Mars, Jupiter, dan Venus yang tahun 2015 silam tampil sejajar, kemudian ada planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus di tahun 2016.

Nah, teman – teman, menurut para ahli astronomi, planet sejajar akan kembali muncul pada tahun 2018 mendatang dan juga pada tahun 2021.