Buah Blewah dan Fakta Uniknya

By Eka Kartika, Minggu, 4 Juni 2017 | 03:16 WIB
Buah Blewah, Foto: Eka Kartika (Eka Kartika)

Buah blewah terkenal karena mengandung banyak manfaat bagi tubuh berkat kandungan vitamin di dalamnya. Fakta apa sajakah yang bisa kita ketahui dari buah blewah?.

Tanaman buah blewah berasal dari Asia Tenggara

Dengan bentuk tanaman semak, merambat yang dapat mencapai panjang 5 – 10 meter bahkan lebih, perakaran tanaman buah blewah memiliki serabut dengan mata tunas yang banyak, dan juga akar berwarna putih kotor hingga kecoklatan muda. Sedangkan pada bagian batang, bentuknya bulat, lentur dan terdapat bulu halus di sekitarnya.

Buah blewah yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki daging buah yang tebal, manis, dan wangi baunya. Biasanya daging buah blewah sering dijadikan sebagai pelengkap es buah atau pun minuman untuk berbuka di bulan Ramadhan.

Buah blewah punya sebutan unik

Selain dikenal dengan nama buah blewah, buah yang memiliki nama latin Curcumis Melon ini, ternyata punya panggilan lain. Sebagian orang di beberapa daerah menyebutnya sebagai buah semangka belanda. Unik yah? Sebab sama sekali tidak mirip dengan buah semangka, hehehe…

Daya tahan buahbBlewah bisa mencapai 7 – 8 hari

Setelah di panen, buah blewah siap panen masih tetap terlihat segar dan bahkan dapat tahan selama 7 (tujuh) hingga 8 (delapan) hari. Karena harus di sebarkan, dan butuh waktu berhari – hari, terkadang pembeli blewah lebih memilih yang setengah matang. Sebab dengan kondisi blewah setengah matang,  daya tahan akan sedikit lebih lama dari yang biasanya.

 Blewah kretek paling digemari

Di antara semua jenis blewah, ternyata yang paling digemari dan dicari oleh banyak orang adalah blewah jenis kretek. Selain manis, blewah ini mengeluarkan wangi buah yang begitu khas dan harum baunya. Peringkat blewah nomor dua adala jenis bisma. Blewah bisma rasanya tidak terlalu manis, sering dijadikan bahan pelengkap untuk es, dan harganya relatif murah. 

Blewah memiliki kandungan gula sederhana

Salah seorang ahli gizi asal Yogyakarta mengungkapkan, jika blewah memiliki kandungan gula sederhana yang cepat dipecah dan diubah menjadi energi oleh tubuh. Blewah juga kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya vitamin C, karena masih banyak vitamin serta manfaat dari blewah bagi tubuh manusia.