6 Hewan Lamban yang Lucu

By Eka Kartika, Minggu, 4 Juni 2017 | 03:22 WIB
Hewan - hewan lamban yang lucu, Foto: Dari berbagai sumber (Eka Kartika)

Jenis hewan di dunia ini sangatlah beragam, begitu juga dengan ciri khasnya masing – masing. Bila di dunia ini ada hewan tercepat, seperti cheetah yang hidup di negara Afrika bagian selatan, maka ada juga hewan – hewan lamban di dunia. Bahkan ada beberapa yang sudah mulai punah, lo.

Siput (Slug)

Siput, anggota kelas moluska Gastropoda ini adalah hewan yang geraknya paling lamban sedunia. Bayangkan saja teman – teman, untuk bergerak saja, siput yang dapat ditemukan di berbagai lingkungan (parit, gurun, hingga lautan yang sangat dalam) ini bergerak dengan kecepatan 0,3 meter per jam. Lamban banget, kan?

Kura – kura raksasa (Giant Tortoise)

Kura – kura raksasa yang hidup di kepulauan Galapagos, Amerika Selatan berada di urutan kedua hewan lamban. Memiliki berat kurang lebih sekitar 500 kilogram dan panjang sekitar 1,5 meter. Kura – kura yang dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum selama 1 tahun ini, ternyata memiliki kecepatan 13 meter per jam, ketika bergerak.

Sloth

Sloth adalah jenis hewan mamalia yang bisa ditemukan dari Honduras ke utara Argentina. Ukuran sloth hampir mirip dengan kucing besar, hanya saja tubuh sloth ditutupi oleh rambut panjang yang kasar.  Tak hanya hidup bergelantungan di pohon – pohon besar, sloth juga dapat turun ke daratan. Pergerakan sloth saat berada di darat berkisar sekitar 2 meter per jam, sedangkan ketika berada di pohon, hewan dapat tidur selama 15 hingga 18 jam ini dapat bergerak hingga 4 meter per jam.

Bintang laut (Starfish) 

Meskipun hidup di laut, dan disebut starfish (ikan bintang). Tetapi hewan ini tidak ada hubungannya atau termasuk dalam kategori ikan, teman – teman. Sebab bintang laut merupakan hewan yang tidak bertulang belakang (Invertebrata) dan bergerak dengan mengandalkan kelima kakinya yang berbentuk tabung serta mengandalkan pergerakan air (sistem vascular air). Kecepatan bintang laut saat bergerak adalah 8 meter per jam.

KudalLaut (genus Hippocampus)

Hewan laut cantik ini mempunyai ukuran yang bervariasi, yaitu antara 16 milimeter sampai ukuran 35 milimeter. Biasanya ikan laut di perairan tropis dan menengah tropis di seluruh dunia. Kuda laut ini juga termasuk paling lambat, teman – teman.

Koala (Phascolarctos cinereus)

Koala yang merupakan hewan mamalia asal Australia yang masuk ke dalam daftar hewan dilindungi, akibat hampir punah ini juga merupakan hewan lamban. Namun, meskipun demikian hewan bersidik jari  ini makannya banyak banget lo. Koala dapat makan 500 gram daun eucalyptus dalam 1 hari.