Pesona Gunung Api Bawah Laut

By Danastri Permata Putri, Minggu, 4 Juni 2017 | 03:31 WIB
Wisata Gunung Api Bawah Laut, wego.co.id (Danastri Permata Putri)

Laut di Indonesia menyimpan banyak keindahan dan keunikan. Salah satunya, gunung api di dalam laut!

Aman dijelajahi

Jika biasanya melihat gunung di daratan, ternyata kita juga bisa melihat gunung yang berada di bawah laut, lo! Indonesia memang mempunyai beberapa gunung api di bawah laut. Walaupun masih aktif, tapi ternyata gunung ini masih aman untuk dijelajahi.

Di antara banyak gunung berapi di negeri ini, ada beberapa yang berada di perairan dangkal. Salah satunya adalah gunung api bawah laut Pulau Mahengetang, Sulawesi Utara. Lokasinya di Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe.

Titik puncak dekat permukaan

Gunung api ini cukup unik. Karena cukup dangkal, maka memungkinkan untuk diselami. Suhu air di sekitar gunung api bawah laut Pulau Mahengetang lebih hangat dari suhu air normal. Suhunya mencapai 37 sampai 38 derajat Celcius. Gunung api bawah laut Pulau Mahengetang juga memiliki titik puncak yang sangat dekat dengan permukaan, yaitu sekitar 8 meter.

Gelembung panas

Puncak gunung ini ditandai dengan adanya gelembung-gelembung di antara bebatuan. Walaupun aman untuk diselami, tetapi kita harus tetap waspada. Jangan sekali-sekali memasukkan tangan telanjang ke antara gelembung tersebut. Ini bisa menyebabkan tangan melepuh. Wah, bahaya sekali!

Menarik banyak wisatawan

Gunung api ini banyak menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Tetapi selain gunung api bawah laut, ternyata pemandangan di perairan ini memang indah. Saat menyelam di kedalam 10 sampai 20 meter, kita akan disambut oleh hamparan terumbu karang yang sangat rapat.

Tetapi, jangan jangan menyelam pada sore hari, ya! Karena srus di perairan Pulau Mahengetang cukup kuat pada sore hari. Agar tidak hanyut terbawa arus, hindari menyelam pada sore atau malam hari.