Ternyata, Cicak Suka Pilih-Pilih Tembok

By willa widiana, Senin, 5 Juni 2017 | 06:01 WIB
Cicak suka pilih-pilih tembok untuk berjalan. (willa widiana)

Kamu pasti pernah melihat cicak tembok rumah (Cosymbotus platyurus) jatuh. Apakah cicak itu jatuh karena daya rekat di kakinya berkurang? 

Permukaan tembok

Permukaan tembok bisa memengaruhi cara berjalan cicak, lo, teman-teman. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kak Cynthia dan Kak Zahratul dari SMAN 80 Jakarta, cicak lebih senang berjalan di permukaan tembok yang tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus, seperti permukaan amplas 280.

Permukaan tembok yang kasar, seperti amplas 80 tidak disukai cicak. Ketika berjalan di permukaan yang kasar, cicak akan mengangkat tubuhnya saat berjalan. Bahkan, ada juga cicak yang diam saja dan melompat dari permukaan kasar itu. Karena merasa tidak nyaman, cicak pun menjatuhkan dirinya dari permukaan itu.

Dimanfaatkan

Hasil penelitian Kak Cynthia dan Kak Zahratul ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak suka dengan cicak. Orang-orang yang tidak suka dengan cicak bisa membuat rumah dengan permukaan yang kasar. Dengan begitu, rumah mereka jadi bebas dari cicak.

Salmonella

Cicak merupakan salah satu hewan yang bisa membawa bakteri salmonella. Dengan mengurangi kedatangan cicak ke rumah, berarti kita sudah mengurangi satu hal penyebab datangnya bakteri salmonela.

Nah, Teman-teman, sekarang coba kamu cek tembok di rumahmu. Apakah permukaannya kasar atau lembut?

Foto: Kompas.com