Batu Belimbing, Batu Unik dari Toboali

By Marisa Febrilian, Selasa, 6 Juni 2017 | 04:25 WIB
Batu Belimbing (Marisa Febrilian)

Batu ini tidak seperti batu kebanyakan, lo. Batunya mempunyai bentuk unik dan ukuran yang besar banget. Penduduk di Toboali, Bangka Selatan, menyebutnya batu belimbing.

Mirip belimbing

Batu belimbing. Yup! Begitulah namanya. Batu besar ini adalah batuan granit yang bentuknya mirip seperti buah belimbing. Karena bentuknya yang menyerupai lekuk buah belimbing, batu besar itu diberi nama batu belimbing oleh masyarakat setempat.

Batu belimbing berada di Jalan Pasiban, Kampung Lalang, Tanjung Ketapang, Toboali, Bangka Selatan. Dari kota Toboali hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai ke tempat ini menggunakan motor atau mobil.

Lokasi tempat batu belimbing ini berada di dekat pemukiman rumah warga. Menurut warga setempat, sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, kawasan batu belimbing ini adalah hutan belantara. Setelah ditemukan batu unik di dalamnya, akhirnya lokasi ini dijadikan sebagai kawasan Geowisata Batu Belimbing.

Fenomena alam

Gugusan batu granit ini terbentuk akibat pembekuan magma yang terjadi jutaan tahun lalu. Dan motif garis-garis pada batuan disebabkan oleh pengikisan air hujan yang terjadi terus menerus sejak ratusan tahun lalu. Akibatnya, terbentuk irisan pada batu sehingga menyerupai bentuk buah belimbing.

Pemandangan di sekitar kawasan Geowisata Batu Belimbing  tak kalah indah. Banyak tumbuhan hijau yang mengelilingi. O iya, kawasan wisata ini menghadap langsung ke pantai Batu Perahu. Kalau mengunjungi tempat wisata ini sore hari, kita bisa melihat matahari tenggelam.

Nah, memasuki kawasan Geowisata Batu Belimbing, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. Meskipun tempat wisata ini gratis, jangan lupa tetap menjaga kebersihan, ya!

Siapa yang berkunjung ke tempat ini? Jangan lupa bawa kamera, ya! Lalu siapkan gaya terbaikmu.

Teks: Marisa*, Foto : Ricky Martin*