Hari Lingkungan Hidup Sedunia

By Sylvana Toemon, Selasa, 6 Juni 2017 | 04:28 WIB
5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Sylvana Toemon)

Kita semua tinggal di planet yang sama, Planet Bumi. Lingkungan tempat kita hidup, berhubungan dengan seluruh penghuni planet ini. Menjaga lingkungan agar tetap lestari sangat penting bagi kita. Karena itulah ada Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa

Hari Lingkungan Hidup pertama kali dirayakan pada tahun 1974. Saat itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadakan Konferensi Lingkungan Hidup Manusia pada tanggal 5 – 16 Juni di Stockholm. Tanggal 5 Juni kemudian diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day). Hari Lingkungan Hidup diperingati di seluruh dunia. Ada lebih dari 100 negara yang turut merayakannya, termasuk Indonesia.

Hak dan cita-cita Bangsa Indonesia

Lingkungan hidup menjadi sesuatu yang penting bagi kita sebagai bangsa Indonesia. Lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah hak dan juga menjadi cita-cita bangsa kita. Hal itu tertuang dalam UUD 1945 pasal 28 ayat 1 yang berbunyi “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.”

Bagaimana cara merayakan Hari Lingkungan Hidup?

Tema Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 ini adalah “Berhubungan Dengan Alam” (Connecting People to Nature). Kita dapt turut merayakannya bersama dengan seluruh penghuni dunia. Caranya dengan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan alam. Kegiatan ini tentunya lebih seru jika dilakukan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Abadikan kebersamaanmu dengan alam, bagikan di media sosial dengan tagar #WorldEnvironmentDay.

Kegiatan apa yang kamu lakukan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia?