Hewan-Hewan Super Bau

By Marisa Febrilian, Selasa, 6 Juni 2017 | 08:57 WIB
Zorila, Hewan Super Bau (Marisa Febrilian)

Awas, jangan macam-macam dengan hewan-hewan ini. Soalnya, hewan-hewan ini punya senjata andalan yang bikin kamu menutup hidung rapat-rapat.

Sigung

Hewan berbulu putih hitam ini mempunyai kelenjar-kelenjar di pantatnya yang berisi zat bau, berminyak, dan lengket. Cairan super bau ini bisa menyebar sampai sejauh 3 meter, lo. Wow! Nah, cairan ini bikin singung terkenal sebagai hewan bau. Huuek! Cairan yang disemprotkan mengandung zat kimia berbelerang disebut tiol yang berpontensi membuat hewan yang terkena semburan cairan itu pingsan, kepanasan, dan bahkan mati.

Sigung adalah hewan bersifat nokturnal (aktif pada malam hari). Sebenarnya sigung tidak akan menyemprotkan cairan itu sembarangan. Biasanya, kalau ada predator atau musuh yang mengganggu, sigung akan mengeluarkan ‘senjata’nya. Siapa yang berani mengganggunya? Wah, jangan sampai, deh!

Kumbang Pengebom

Siapa sangka kumbang sekecil ini bisa menyebabkan panas luar biasa! Kumbang ini bisa menyemprotkan campuran zat kimia yang panas sekali dari ujung belakangnya tubuhnya. Semprotan cairan itu dapat melelehkan serangga yang menyerang dan mengikis kulit manusia.

Zorila

Kalau kamu pikir sigung itu hewan paling bau, wah sayang sekali kamu kurang tepat. Singung tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan zorila. Hewan ini dijuluki sebagai hewan paling bau sedunia. Sama seperti sigung, zorila anggota famili musang yang suka menyemprotkan cairan lengket dari bokongnya ke semua hewan apa pun yang dia jumpai. Semprotan zorila minta ampun tengiknya. Huuek!

Kuda Nil

Ketika seekor kuda nil Afrika muncul dari kubangan lumpurnya untuk menandai wilayahnya dengan feses dan kencingnya, dia menyebar-nyebarkan kotorannya. Hewan besar itu mengibas-kibaskan ekornya agar kotorannya tersebar ke seluruh badannya. Ilmuwan sendiri belum tahu pasti mengapa kuda nil melakukan hal seperti ini. Tapi, mereka beranggapan kalau hal ini digunakan untuk menandai wilayah mereka.

Sekarang, kamu harus berhati-hati kalau bertemu dengan hewan-hewan ini. Jangan mengganggu kalau tidak mau terkena ‘senjata’ ajaibnya! Ha ha ha

Teks : Marisa*, Foto : creativecommons.org