Yuk, Belajar Berhemat

By Putri Puspita, Rabu, 7 Juni 2017 | 03:33 WIB
Ayo kita berhemat! Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Kita sering tergoda untuk memanfaatkan uang yang kita punya dengan membeli mainan, jajan, atau pergi jalan-jalan. Sebenarnya tidak salah melakukan hal itu, selama kita bisa mengontrol penggunaan uang. Bagaimana caranya? Yuk, kita belajar berhemat.

a. Bawa bekal

Kita bisa membawa bekal makanan dan minuman saat bepergian. Tentu saja ini akan menghemat pengeluaran. Apalagi jika di sana harga makanan dan minuman jauh lebih mahal. Dengan membawa bekal dari rumah, selain berhemat, kualitas bahan makanan dan minuman juga terjaga.

b. Ingat barang yang sudah ada

Ketika ingin membeli mainan, coba ingat lagi mainan apa yang sudah ada di rumah. Sering kali kita membeli banyak barang, tetapi sering tidak diperlukan atau hanya ingin membeli saja. Hal ini bisa mendorong pengeluaran dana yang tidak perlu.

c. Terapkan 3R

Coba lihat lagi barang-barang yang ada di kamar kamu. Mungkin ada yang bisa digunakan kembali untuk kepentingan lain. Usakan kita sudah menerapkan 3R (reuse, reduce, recycle). Pasti barang-barang di kamar menjadi lebih berguna.

d. Tinggalkan sebagian uang di rumah

Keinginan untuk jajan atau berbelanja akan sulit dikendalikan kalau kita membawa uang banyak. Jadi, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa berhemat adalah dengan membuat batas berapa banyak uang yang dibawa dan boleh dihabiskan dalam seharinya.

e. Hargai uang koin

Apakah kamu sering menyingkirkan uang koin atau receh? Coba dipikirkan lagi. Uang koin kalau dikumpulkan bisa menjadi jumlah yang besar. Kamu bisa masukkan ke dalam celengan untuk jadi tabungan.

f. Menabung lebih awal

Strategi terbaik supaya kita bisa hemat dan punya tabungan adalah menabung lebih awal. Ketika dapat uang mingguan atau bulanan segeralah tabung dulu beberapa. Hal ini bisa menghindarkan diri dari pemborosan dan tidak punya tabungan.