Sumber Karbohidrat dari Indonesia

By Sylvana Toemon, Rabu, 7 Juni 2017 | 04:31 WIB
Sumber karbohidrat dari Indonesia selain nasi (Sylvana Toemon)

Setiap makhluk hidup perlu makanan, termasuk manusia. Salah satu nutrisi yang kita perlukan dari makanan adalah karbohidrat yang biasanya didapatkan dari nasi. Tahukah teman-teman, negeri kita yang kaya ini memiliki aneka ragam makanan lokal yang mengandung karbohidrat?

Makanan lokal

Makanan lokal adalah makanan yang didapatkan dari lingkungan sekitar kita. Selain lebih segar, makanan lokal biasanya berharga lebih murah. Harganya yang lebih murah bukan berarti gizinya lebih rendah, lo. Harga yang lebih murah karena biaya yang diperlukan untuk sampai ke rumah kita lebih sedikit. Makanan lokal sangat banyak ragamnya. Setiap daerah memiliki kekhasannya sendiri.

Macam-macam sumber karbohidrat yang ada di Indonesia:

* Sagu menjadi makanan pokok teman-teman kita di Indonesia bagian timur. Sagu berasal dari sari pati batang pohon sagu. Setelah diolah, sagu akan menjadi bubur yang lengket seperti lem. Bubur sagu ini dimakan dengan ikan berkuah gurih.

* Singkong atau ubi kayu bisa dimakan dengan direbus atau diolah menjadi seperti nasi. Teman-teman kita di Desa Cirendeu, Jawa Barat, membuat nasi yang asalnya dari singkong. Singkong diparut, diperas sampai keluar patinya, digiling jadi tepung, kemudian dikukus. Hasilnya menggumpal kecil-kecil dan terlihat seperti nasi. Hi hi hi…

* Jagung menjadi makanan pokok di beberapa tempat. Jagung dapat dimakan dengan direbus saja atau diolah lagi menjadi nasi. Teman-teman kita di Desa Sigedong, Jawa Timur memakan nasi jagung sebagai makanan pokoknya. Malah mereka sering bilang kalau belum makan nasi jagung, artinya belum makan. Jagung juga menjadi makanan pokok di Nusa Tenggara Timur.

* Ubi jalar menjadi makanan pokok Suku Dani di Papua. Ubi yang banyak tumbuh di Lembah Baliem ini ukurannya lebih besar dibandingkan ubi yang ditanam di tempat lain. Sebelum dimakan, ubi diolah dengan cara dibakar.

* Sukun banyak ditemukan di negeri kita dan berbuah tanpa mengenal musim. Untuk memakannya, bisa dengan cara direbus, dikukus atau digoreng. Daging buah sukun empuk seperti roti. Tak heran orang Eropa yang menyebutnya breadfruit atau buah roti.

Banyak, kan, sumber karbohidrat di sekitar kita? O ya, jika kebutuhan karbohidrat sudah terpenuhi dengan memakan sagu, kita tidak perlu makan nasi lagi. Nanti malah kelebihan gizi.