Orkestra, Permainan Berbagai Alat Musik yang Merdu

By Danastri Permata Putri, Rabu, 7 Juni 2017 | 06:28 WIB
Orkestra, Foto: Danastri | Bobo.id (Danastri Permata Putri)

Orkestra adalah sekelompok pemain musik yang memainkan berbagai alat musik bersama. Para pemain musik ini disebut dengan musisi. Dahulu, orkestra hanya memainkan musik-musik klasik. Tetapi dengan berkembangnya zaman, orkestra juga biasa memainkan berbagai macam jenis musik.

Ide bangsawan

Orkestra mulai muncul pada abad ke-15 dan ke-16. Awalnya, ini adalah ide bangsawan. Mereka menyewa beberapa musisi untuk memainkan musik di pesta dansa mereka. Pada abad ke-17, orkestra berkembang menjadi pengiring teater atau opera. Saat inilah orkestra mulai dikenal masyarakat.

Berbagai alat musik

Alat musik yang dimainkan di dalam orkestra ada banyak macamnya. Ada strings, yaitu alat musik gesek, seperti biola, cello, dan viola. Ada perkusi, seperti drum dan piano. Juga ada woodwinds, alat musik tiup seperti terompet, flute, dan trombon.

Karena terdiri dari banyak alat musik, maka suara yang dihasilkan juga bermacam-macam. Tapi bukannya terdengar kacau, permainan orkestra malah terdengar sangat indah! Hal ini karena para musisi mempunyai porsi sendiri dalam memainkan alatnya. Sehingga walaupun banyak jenis suara, masih terdengar sangat merdu dan mewah.

Conductor

Lalu bagaimana para musisi tahu bagian-bagian mereka? Di dalam orkestra, terdapat satu pemimpin. Pemimpin ini disebut conductor. Conductor inilah yang memimpin para musisi saat mereka bermain musik.

Ia juga yang akan mengingatkan para musisi kapan saatnya mereka harus memainkan dengan suara keras, dan kapan mereka harus memainkannya dengan suara yang lembut. Ini agar permainan orkestra terdengar lebih indah.

Jumlah anggota

Jumlah anggota orkestra juga bermacam-macam. Orkestra kamar atau orkestra kecil bisa beranggotakan 50 orang atau kurang. Sedangkan jenis symphony orchestra atau philharmonic orchestra bisa beranggotakan sampai 100 orang.

Orkestra di Indonesia

Di Indonesia sendiri, orkestra baru berawal di tahun 1900an dan dibawa oleh bangsa Belanda. Sama seperti di Eropa, orkestra di Indonesia awalnya bertujuan untuk menghibur masyarakat Belanda. Berdasarkan sejarah, orkestra tertua di Indonesia adalah Batavian Staff Orchestra.