Misteri di Laut Dalam

By Danastri Permata Putri, Rabu, 7 Juni 2017 | 10:19 WIB
Misteri di Laut Dalam, Ilustrasi: republikhotnews.com (Danastri Permata Putri)

Laut dalam menyimpan banyak sekali misteri. Gelap gulita, dingin, dan tekanan air yang besar. Ada apa saja di laut dalam?

Banyak misteri

Tujuh puluh persen permukaan bumi terdiri dari air, tetapi baru lima persen saja yang sudah dijelajahi. Sebanyak delapan puluh persen laut di dunia termasuk dalam kategori laut dalam. Itu berarti, masih banyak sekali misteri yang belum terungkap di laut dalam.

Laut dalam adalah bagian laut yang tidak tersentuh sinar matahari sama sekali. Rata-rata, kedalaman laut dalam sekitar 4000 meter. Yang paling dalam, bisa mencapai 11000 meter! Karena begitu dalam, sampai sekarang hanya 3 orang saja yang pernah mengunjunginya.

Susah dijangkau

Menyelam ke laut dalam memang sangat susah. Bayangkan saja, kita harus menyelam dalam keadaan gelap gulita karena tidak ada sinar matahari. Karena jauh dari sinar matahari pula, suhu airnya bisa mendekati titik beku. Dingin sekali!

Ditambah lagi tekanan air yang begitu besar. Besarnya tekanan air di laut dalam bahkan bisa membuat badan kapal selam menjadi bengkok. Ngeri!

Nyaris buta

Sedikitnya pengetahuan terhadap laut dalam, membuat kita bertanya-tanya, apakah ada makhluk hidup yang tinggal di sana? Ternyata ada, lo. Karena gelap total, makhluk-makhluk yang tinggal di sini sudah nyaris buta. Tetapi jika diperlukan, mereka bisa memproduksi cahaya sendiri.

Laut dalam di Indonesia

Lalu, bagaimana dengan laut dalam di Indoneisa? Wh, ternyata laut dalam di negeri kita ini menyimpan banyak potensi, lo! Mulai dari sumber makanan, sumber energi, bahkan pengobatan masa depan. Hal ini karena dari letak geografisnya, laut dalam kita terbilang unik. Banyak spesies dan biota laut yang berkumpul di sini.

Hal ini yang menyebabkan banyak peneliti tertarik dengan laut dalam di Indonesia. Bahkan saking uniknya, kabarnya ada spesies ikan purba yang masih berenang-renang di lautan kita!

Hm, ternyata Laut Dalam memang menyimpan banyak misteri, ya!