San Boldo Pass, Terowongan Bertingkat

By Marisa Febrilian, Minggu, 10 September 2017 | 06:44 WIB
San Boldo Pass berada di tebing yang terjal. (Marisa Febrilian)

Tidak hanya rumah dan gedung-gedung saja yang bertingkat. Di Veneto Italia, ada juga terowongan bertingkat bernama San Boldo Pass. Seperti apa, ya, bentuknya?

Menembus Gunung

San Boldo Pass atau Passo San Boldo  terletak di Veneto, Italia. Tepatnya di sebuah gunung kecil, di sisi utara pengunungan Alpen.

San Boldo Pass menghubungkan kota Trichiana dengan Tovena. Kedua kota kecil  yang berjarak 17 km itu terletak di kaki gunung, di sisi yang berseberangan.

Untuk pergi dari Trichiana menuju Tovena dan sebaliknya, kendaraan harus melewati  San Boldo Pass. San Boldo Pass yang terletak di  ketinggian 706 meter itu adalah jalan yang menerobos ke dalam gunung.

San Boldo Pass memiliki 5 terowongan bertingkat. Antara satu terowongan dengan terowongan lainnya  dihubungkan dengan jalan yang berbelok membentuk huruf U. Dilihat dari jauh, San Boldo Pass indah sekali. Itulah istimewanya San Boldo Pass dibandingan dengan terowongan lain.

Terowongan ini hanya bisa dilalui satu kendaraan saja. Karenanya untuk keluar masuk terowongan diatur oleh lampu lalu lintas. Tinggi kendaraan maksimum 3,2 meter. Karena pernah ada kendaraan besar tersangkut di dalam kendaraan.

Jalan 100 Hari

San Boldo Pass dibangun pada  tahun 1918 oleh tentara Austria dan Hungaria. Saat itu, Perang Dunia I masih berlangsung. San Boldo dibangun untuk memudahkan pengangkutan peralatan perang. San Boldo Pass merupakan perbaikan dari jalan yang sudah ada. Jalan itu sangat curam dan sangat membahayakan.

San Boldo Pass dibangun siang dan malam. Dikerjakan oleh 1.400 pekerja yang merupakan tawanan perang. Pembangunan selesai dalam waktu hanya 100 hari saja. Karenanya ada yang menyebut ”Jalan 100 Hari”.  Padahal secara resmi, nama jalan yang melintasi di San Boldo Pass adalah SP 635.

Teks: Aan, Marisa, Foto : enriquemontalar.com