Ikut Menjaga Kelestarian Laut

By Yomi Hanna, Kamis, 8 Juni 2017 | 06:33 WIB
Foto: zonalima.com (Hanna Vivaldi)

Apakah kamu pernah mendengar tentang Kawasan Konservasi Laut? Kawasan ini bertujuan untuk melindungi satwa dan fauna yang hidup di laut dari ancaman bahaya akibat plastik, pestisida, dan racun yang bisa mencemari laut.

Bagaimana cara kerja Kawasan Konservasi Laut?

Kawasan Konservasi Laut biasa dibentuk di sepanjang garis pantai, di sekitar terumbu karang, pulau, atau perikanan daratan.

Kawasan Konservasi Laut yang berada di sepanjang garis pantai biasanya membantu melindungi bakau, cemara rawa dan terumbu karang yang biasanya berguna untuk menghalangi daratan pantai terkena badai dan menjadi tempat berlindung bagi tanaman dan satwa laut.

Selain untuk melindungi satwa laut, cagar alam di laut pesisir dapat dibuat sebagai objek wisata yang menarik minat wisatawan.

Apakah kita bisa ikut menjaga kelestarian laut?

Kita juga bisa, lo, membantu petugas yang bekerja untuk mengawasi Kawasan Konservasi Laut. Bagaimana caranya?

Dengan cara mengurangi penggunaan kantung plastik atau apapun yang berhubungan dengan plastik dan bisa membawa tas yang dapat digunakan kembali ketika kita berbelanja. Ini disebabkan banyaknya sampah plastik di dalam laut yang bisa membahayakan satwa di dalamnya.

Kita juga bisa menanam hutan bakau di pesisir pantai untuk mencegah abrasi pantai. Karena hutan bakau atau mangrove tersebut biasanya bermanfaat sebagai tempat berkembang biak berbagai jenis biota laut.

Selain itu, kita bisa menjaga terumbu karang dan tidak merusaknya dengan cara tidak membuang sampah ketika berada di pantai, tidak memegang, menginjak, atau membawa karang sebagai hiasan atau oleh-oleh pada saat menyelam.