Kutu Laut Raksasa, Penghuni Dasar Samudra

By Sylvana Toemon, Kamis, 8 Juni 2017 | 09:15 WIB
Bathynomus giganteus, kutu laut raksasa (Sylvana Toemon)

Makhluk dasar laut ini bentuknya mirip kutu. Walaupun bentuknya mirip kutu, ukurannya jauh berbeda, lo. Hewan ini adalah kutu laut raksasa.

Sebesar kucing dewasa

Makhluk mirip kutu ini bernama ilmiah Bathynomus giganteus. Ukurannya dapat mencapai 40 cm. Kira-kira sebesar kucing dewasa. Pantas saja jika disebut kutu laut raksasa. Kutu laut raksasa yang memiliki 7 pasang kaki ini hidup di tanah yang berlumpur. Kutu laut raksasa akan menggulung seperti bola bila ada yang mau memangsanya. Tubuhnya akan terlindungi oleh punggungnya yang keras.

Penghuni dasar samudra

Kutu laut raksasa menghuni dasar samudra yang dingin dan gelap. Kutu laut raksasa hidup di Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Hindia. Mereka hidup di kedalaman 500 sampai 6000 meter di bawah permukaan laut. Untuk bisa bertemu dengan kutu laut raksasa ini kita harus menggunakan alat menyelam khusus.

Baca juga: Samudra Pasifik, Terbesar di Dunia

Memakan sisa makanan yang jatuh ke dasar laut

Mereka biasanya memakan sisa-sisa makanan yang jatuh ke dasar laut. Kadang-kadang, kutu laut raksasa juga memangsa binatang yang bergerak sangat lambat seperti teripang dan spons. Kutu laut raksasa ini bisa bertahan tanpa makanan selama berhari-hari, lo.