5 Penyebab Kesehatan Laut Menjadi Terganggu

By Eka Kartika, Kamis, 8 Juni 2017 | 09:13 WIB
Pencemaran dari minyak, Foto: Posten.dk (Eka Kartika)

Teman – teman, tidak hanya manusia saja yang butuh diperhatikan kesehatannya. Lautan juga perlu, kok. Sebab jika lautan tidak sehat, maka dampak yang akan timbul dapat mengganggu lingkungan juga kesehatan kita, lo. Nah, sebenarnya apa saja pencemaran yang dapat mengganggu kesehatan lautan di seluruh dunia?

Pembuangan limbah pabrik ke laut

Pembuangan limbah pabrik tidak hanya dilakukan di udara, daratan, maupun sungai. Di lautan lepas pun, pembuangan limbah pabrik ternyata bisa dilakukan juga. Biasanya limbah pabrik yang dibuang ke laut mengandung logam berat. Seperti merkuri, timbal, arsenic, kromium, dan nikel. Semua bahan tersebut tidak dapat terurai dan malahan akan menyatu ke dalam lautan.

Akibatnya, ikan yang berenang di sekitar lautan ini akan menjadi tercemar. Sehingga jika ikan tersebut ditangkap nelayan, kemudian dijual dan akhirnya dikonsumsi secara terus menerus. Tubuh bukannya menjadi sehat akan kandungan vitamin dalam ikan, melainkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker. Aduuh, seram ya.

 Tercemar akibat pertambangan lepas pantai

Pertambangan lepas pantai yang terkadang letaknya berada di tengah lautan luas pun ternyata dapat mengganggu kesehatan laut. Apalagi jika pertambangan tersebut membuang limbah dan minyak ke lautan.

Air dan minyak, kan adalah dua zat yang sama sekali tidak dapat menyatu. Sehingga dengan adanya minyak yang ditumpahkan ke lautan, maka banyak ikan yang akan mati. Penyebab terjadinya hal ini adalah, akibat tidak adanya CO2 karena terumbu karang tidak dapat berfotosintesis dan jumlah oksigen pun berkurang.

Tercemar akibat pestisida

Pestisida, biasanya dipakai oleh para petani untuk membunuh hama. Pestisida  bersifat racun dan dapat mengendap di dalam tubuh. Melalui sungai yang airnya akan mengalir ke laut, pestisida itu kemudian akan mencemari laut. Akibatnya, ikan-ikan di laut pun akan dapat tercemar dan bukannya mengandung vitamin. Melainkan mengandung racun, jika kelak ikan tersebut kamu konsumsi.

Tercemar oleh sampah

Tidak hanya di daratan, sampah juga bisa ditemukan di lautan dengan mudah, teman – teman. Biasanya sampah – sampah ini berasal dari pantai yang disebabkan oleh pengunjung pantai  tidak bertanggung jawab serta tidak memilili rasa peduli akan kebersihan pantai yang dikunjungi.

Sampah tersebut bisa beraneka macam, ada yang dapat terurai, namun ada juga yang tidak dapat terurai seperti sampah plastik dan karbon. Selain mengganggu keindahan pantai dan lautan, plastik maupun karbon dapat dikonsumsi oleh ikan, lo. 

Penangkapan ikan secara berlebihan

Ternyata penangkapan ikan yang dilakukan secara berlebihan juga bisa mengganggu ekosistem laut. Apalagi jika alat yang dipergunakan, bisa merusak terumbu karang yang dipergunakan sebagai tempat hidup hewan-hewan bawah laut. Ekosistem laut yang sehat adalah ekosistem seimbang, dan sesuai dengan pola interaksi yang ada.