Roald Amundsen, Manusia Pertama di Kutub

By Putri Puspita, Jumat, 9 Juni 2017 | 03:12 WIB
Roald Amundsen. Foto: http://gohighbrow.com (Putri Puspita)

Kutub adalah daerah di bumi yang terkenal dengan lapisan es yang begitu dingin. Bahkan, kutub selatan sampai saat ini tidak dihuni manusia. Tetapia, Roald Amundsen adalah orang pertama yang datang ke kutub.

Berkebangsaan Norwegia

Roald Amundsen atau yang bernama lengkap Roald Engelbregt Gravning Amundsen adalah penjelajah berkebangsaan Norwegia. Ia dilahirkan pada 16 Juli 1872 di lingkungan keluarga pemilik kapal dan kapten kapal. Roald Amundsen merupakan seorang pemimpin ekspedisi kunci dalam penjelajahan Antartika.

Pertama sampai di kutub

Roald Amundsen terinspirasi oleh penyeberangan Greenland yang dilakukan Fridtjof Nanses pada 1888. Ia memutuskan untuk memimpin penjelajahan dunia sebagai pengisi hidupnya.

Hingga pada 14 Desember 1911, setelah 99 hari perjalanan, ia mencapai kutub selatan dengan 18 orang anggota tim. Roald Amundsen menjadi orang pertama yang mencapai kutub selatan yang terkenal tak dihuni manusia. Bahkan, ia bukan hanya orang pertama yang mencapai kutub selatan, namun juga orang pertama yang mencapai kutub utara dan perbatasan barat laut.

Menghilang

Roald Amundsen menuliskan pengalamannya sebagai penjelajah dalam beberapa buku. Salah satunya adalah First Crossing of The Polar Sea pada tahun 1927.

Sayangnya, setahun kemudian, yaitu tahun 1928, Amundsen menghilang ketika berpartisipasi dalam sebuah misi penyelamatan Laut Barents.