Apakah Plastik “Biodegradable” Ramah Lingkungan?

By Putri Puspita, Jumat, 9 Juni 2017 | 03:43 WIB
Plastik biodegradable. Foto: Putri Puspita | Bobo.ID (Putri Puspita)

Sering kita lihat pada kemasan plastik ada tulisan “biodegradable”. Sebenarnya, apa arti biodegradable tersebut? Benarkah aman untuk lingkungan?

Limbah biodegradable

Limbah biodegradable adalah semua limbah yang dapat hancur atau terurai oleh organisme hidup lainnya dan berasal dari tumbuhan atau hewan. Bukan hanya plastik biodegradable, limbah biodegradable yang umum ditemui adalah sisa makanan, kotoran manusia dan hewan, dan limbah selokan.

Plastik biodegradable

Plastik biodegradable yang biasa digunakan untuk tas belanja, botol air dan wadah makanan adalah plastik yang dirancang untuk menjadi lebih tahan lama dan mampu terurai cepat dalam lingkungan. Kondisi yang mendukung terurainya jenis plastik ini sebenarnya secara eksklusif di kompos industri. Banyak plastik berlabel biodegradable, seperti tas belanja, hanya akan terurai pada suhu 122 derajat Fahrenheit. Ini disebut sebagai salah satu pemecahan masalah lingkungan akibat sampah plastik.

Masih berbahaya untuk lautan

Walaupun disebut biodegradable atau mudah terurai, ternyata jenis plastik ini masih berbahaya untuk lautan. Kenapa? Karena plastik biodegrable tidak dapat terurai pada suhu lautan dan dalam kondisi lingkungan laut. Hasilnya, limbah plastik ini tetap membahayakan. Plastik biodegrable juga tidak terapung, sehingga akan tenggelam, dan tidak akan terkena UV untuk terurai. Oleh sebab itu, kita tetap harus membuang atau mengolah sampah plastik agar tidak sampai mencemari lautan.