Kenapa Fidget Spinner Jadi Mainan yang Populer?

By Marisa Febrilian, Jumat, 9 Juni 2017 | 08:18 WIB
Fidget Spinner Mainan Populer (Marisa Febrilian)

Siapa yang punya fidget spinner di rumah? Hmm, rasanya hampir semua anak-anak punya mainan asal Amerika ini. Betul tidak?

Mainan populer

Fidget Spinner. Yup, mainan anak-anak asal Amerika Serikat ini, sekarang sedang ramai diperbincangkan di seluruh dunia. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun suka dengan mainan berputar ini. Sangking terkenalnya, anak-anak di Amerika, tidak ada yang tidak membawa mainan ini ke sekolah.

Sebelum tahun 2017, saat kita mengetik kata ‘Fidget Spinner’ di Google (mesin pencari), mungkin kita tidak akan menemukan hasilnya. Tetapi, setelah para Youtubers mengulasnya, kini nama ‘Fidget Spinner’ menjadi viral atau terkenal.

Mainan anti stres

Mainan imut ini dikategorikan sebagai permainan untuk mengurangi kegelisahan. Menurut ahli Psikolagi, Fidget Spinner dapat menjadi alat yang membantu penderita gangguan psikologis, seperti mudah cemas, sulit fokus, dan cepat stres.

Nah, untuk menguranginya, dapat disalurkan dengan cara yang positif. Dan Fidget Spinner menjadi media bagi penderita gangguan psikologis.

Mainan berputar

Di berbagai tempat, dengan sangat mudah, orang akan menemui anak-anak bermain fidget spinner. Tanpa mengenal waktu dan tempat, anak-anak seperti tidak mau berhenti memainkannya.

Fidget spinner berukuran sebesar telapak tangan. Terbuat dari bearing atau laher yang biasa digunakan sebagai komponen mesin maupun kendaraan bermotor. Di lingkaran luarnya lantas dipasangi bilah yang berjumlah 2 sampai 3. Bentuk bilah bervariasi bergantung pada kreativitas pembuatnya. Untuk menambah estetika, lingkaran luar bearing dilapisi plastik atau cat beraneka warna.

Cara memainkannya adalah diputar dengan bertumpu pada salah satu dari jari Anda sebagai poros keseimbangannya. Semakin lama berputar, efek visual yang timbul dari gerakan bilah-bilah yang berputar menghadirkan kepuasan tersendiri bagi pemainnya.

Sederhana dan mudah. Ya, begitulah dua kata yang menggambarkan maianan populer ini, Fidget Spinner.

Teks: Marisa*, Foto : pixabay.com