Anggrek Monyet, Dracula yang Tidak Menghisap Darah

By Eka Kartika, Senin, 12 Juni 2017 | 03:25 WIB
Aneka jenis anggrek Dracula Simia, Foto: jelajah.co.vu (Eka Kartika)

Anggrek (Orchidaceae) merupakan suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas di seluruh penjuru dunia dan tumbuh di tempat yang berbeda. Salah satu anggrek yang cukup unik adalah anggrek monyet.

Penemu anggrek monyet

Bentuknya bunganya memang aneh. Bentuknya memiliki corak seperti wajah monyet. Anggrek ini ditemukan oleh seorang ahli botani Luer pada tahun 1978.

Dracula yang tidak menghisap darah

Dalam bahasa Ilmiah, anggrek monyet disebut dengan Dracula simia. Walau namanya drakula, bukan berarti anggrek monyet penghisap darah, teman – teman.

Nama Dracula simia memiliki makna naga kecil, karena pada bagian wajah anggrek monyet terdapat dua taji panjang pada bunga seperti yang dimiliki naga. Sedangkan simia adalah semacam anggukan tanda mengiyakan, jika memang bunga anggrek ini mirip sekali dengan wajah monyet.

Apabila kamu masih penasaran mengapa bunga ini disebut anggrek monyet, coba deh perhatikan gambar bunga anggrek ini, maka kamu akan melihat wajah monyet yang terlihat jelas pada kelopak bunganya.

Asal-usul anggrek monyet

Anggrek monyet tumbuh di atas gunung dengan ketinggian 1000 – 2000 meter dengan suhu sekitar 27 derajat celcius dan kelembaban sekitar 80 hingga 90 persen. Anggrek monyet berasal dari Ekuador dan hutan di Peru.

Anggrek monyet  tumbuh tidak tergantung musim. Banyak orang di Ekuador dan Peru suka menanm anggrek ini di pekarangan rumah.

Wangi anggrek monyet yang segar

Tak seperti wangi bunga pada umumnya, bau yang dikeluarkan oleh bunga anggrek monyet ini sangat mirip sekali dengan bau buah jeruk yang sudah matang.