Misteri Lautan: Empat Penghuni Bawah Laut yang Menyeramkan

By Putri Puspita, Senin, 12 Juni 2017 | 05:47 WIB
Frilled Shark. Foto: infofauna.blogspot.com (Putri Puspita)

Dunia bawah laut memang menyimpan berbagai misteri. Walaupun sudah banyak makhluk hidup yang kita kenal sebagai penghuni bawah laut, tetapi masih ada hewan langka lainnya yang juga perlu kita kenal.

Hiu frilled dan hiu goblin

Hiu frilled dikenal dengan nama “living fossil” atau dengan kata lain adalah “fosil hidup” karena karakteristik dari tubuhnya yang sangat primitif dan sangat jarang sekali ditemui. Sebab, hidupnya ikan ini berada di dalam laut yang sangat dalam dan dasar.

Hiu goblin merupakan salah satu jenis hiu yang memiliki garis keturunan lebiih dari 125 juta tahun yang lalu. Menurut informasi yang terkait, ikan ini merupakan salah satu perwakilan dari jenis Mitsukurinidae, yaitu jenis yang sudah hidup sejak zaman purba.

Ikan fangtooth

Fangtooth adalah salah satu jenis ikan yang menakutkan. Di sebut dengan fangtooth karena memang ikan ini memiliki bentuk yang panjang. Serta memiliki gigi kuat dan tajam mirip dengan serigala serta mulut yang lebar. Habitat ikan ini berada di dalam kedalaman sekitar 16.000 kaki. Ia mampu hidup dan bertahan pada tekanan air sampai mendekati beku.

Weird creature 1

Sebenarnya hewan ini belum punya nama dan sedang diteliti terus. Tampilan dari hewan ini mirip dengan monster berwajah mengerikan. Hewan ini ditemukan pertama kali oleh tentara Rusia di Pantai Sakhalin. Makhluk ini memiliki bulu-bulu di sekitar tubuhnya.

Fanfin seadevil

Ikan yang punya bentuk aneh ini termasuk dalam jenis angler fish. Perbedaan yang paling mendasar bahwa ikan ini berbeda dari angler fish biasa adalah adanya umpan yang ada di atas kepalanya. Yakni semacam umpan bio luminescent. Pencarian hewan ini cukup sulit dan tergolong buas, sehingga penelitiannya sulit dilakukan.