Donat Ini Bisa Bersinar dalam Gelap!

By Yomi Hanna, Rabu, 14 Juni 2017 | 04:41 WIB
Glow in the dark donut (Foto: elitestatic.com) (Hanna Vivaldi)

Segala sesuatu yang bersinar di dalam gelap (glow in the dark) selalu terlihat menarik. Misalnya hiasan dinding kamar, beberapa hewan yang juga dapat bersinar dalam gelap, atau benda-benda lain yang sengaja dibuat bersinar dan terlihat unik jika digunakan.

Tetapi, apakah kamu pernah melihat makanan yang bisa bersinar di dalam gelap? Sekilas kita berpikir bahwa itu adalah hal yang tidak mungkin, bagaimana makanan bisa bersinar di dalam gelap. Kalau pun ada sepertinya tidak baik untuk dikonsumsi. Apakah benar begitu?

Baca ini juga yuk: Cerita Mengapa Donat Berlubang

Inovasi dalam dunia kuliner

Saat ini dunia kuliner menjadi salah satu wadah bagi orang-orang kreatif untuk berlomba-lomba menunjukkan idenya yang unik dan mampu menarik perhatian orang banyak. Selalu saja ada inovasi-inovasi keren yang dituangkan dalam tampilan, rasa, ataupun sajian dari makanan atau minuman.

Misalnya saja makanan yang baru-baru ini membuat banyak orang terkagum dan penasaran, yaitu donat yang bisa bersinar di dalam gelap. Wow, kok bisa, ya?

Glow in the dark donut

Donat unik ini pertama kali dipopulerkan di sebuah kafe yang bernama Black Star Pastry. Kafe ini terletak di Sydney, Australia, yang menjual aneka jenis kue. Salah satu kue yang dijual dan merupakan hasil kreasi mereka sendiri adalah donat yang bisa bersinar di dalam gelap, mereka menamakannya glonut. Nama glonut itu adalah singkatan dari glow in the dark donut.

Glonut ini pada dasarnya mirip dengan donat yang ada dijual di pasaran, yang membedakannya adalah topping atau hiasan bagian atas donatnya berupa icing sugar yang terlihat berwarna kuning jika di tempat terang dan berubah menjadi terang ketika dibawa ke tempat yang gelap.

Apakah glonut aman jika dimakan?

Christopher The, nama pemilik kafe Black Star Pastry menjelaskan rahasia yang digunakannya untuk membuat glonut. Dia mengatakan bahwa icing sugar yang menjadi topping glonut mengandung ekstrak buah yuzu. Buah apakah itu?

Yuzu adalah buang langka yang bersal dari Jepang, bentuk dan warna buah ini mirip sekali dengan jeruk. Ekstrak buah yuzu ini dicampur dengan sedikit larutan vitamin B yang kadarnya rendah, lalu ini ditambahkan pada saat pembuatan icing sugar. Nah, campuran tersebutlah yang membuat donat glonut bisa bersinar di dalam gelap. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, donat ini tentu saja aman untuk dikonsumsi.

Sungguh unik ya inovasinya, apakah teman-teman tertarik untuk berkreasi dan menciptakan jenis kuliner yang baru?