Fire Whirl, Si Pusaran Api

By willa widiana, Rabu, 14 Juni 2017 | 09:30 WIB
Fire Whirl, Si Pusaran Api (willa widiana)

Ternyata tak hanya air dan angin yang bisa membentuk pusaran. Api juga bisa membuat pusaran yang biasa disebut dengan Fire Whirl, Si Pusaran Api.

Sangat panas

Fire Whirl, si pusaran api ini merupakan fenomena alam di mana sebuah api akan berbentuk seperti tornado dan naik ke atas udara hingga setinggi 10-60 meter.  O iya, pusaran api ini bisa mencapai panas 1.090 derajat celcius, lo.

Karena tornado

Pusaran api ini terbentuk karena adanya tornado yang berputar terlalu dekat dengan kebakaran hutan. Selain itu, pusaran api ini juga bisa terbentuk karena terlalu banyak panas yang ada di sebuah area. Nah, hal itu akan menyebabkan udara panas naik ke atas dan terbungkus oleh api.

Hanya beberapa menit

Pusaran api ini biasanya hanya bertahan selama beberapa menit saja. Akan tetapi, dalam beberapa kejadian, pusaran api ini belum bisa padam meski sudah lebih dari satu jam. O iya, pusaran api ini juga bisa menciptakan angin yang berbahaya. Bahkan, angin tersebut bisa mencapai kecepatan diatas 100 mil per jam, cukup untuk merobohkan sebuah pohon.

Fire whirl, si pusaran api ini pernah terjadi di beberapa tempat, salah satunya di Jepang pada tahun 1923. Pusaran api yang menewaskan 38.000 orang dalam waktu 15 menit itu terbentuk karena gempa bumi besar. Hiii menyeramkan juga, ya, Teman-teman!

Foto: grumpyweather.com