Amankan Hewan Peliharaan Kamu Saat Berlibur

By Eka Kartika, Selasa, 20 Juni 2017 | 03:00 WIB
Rumah penitipan hewan (Eka Kartika)

Jika kita punya hewan peliharaan, tentu tidak tega meninggalkan mereka dalam waktu lama. Apalagi jika kita sudah terbiasa menghabiskan waktu bersama mereka setiap hari. Namun, jangan sedih jika kita harus pergi berlibur meninggalkan mereka! Ini 3 tips aman supaya hewan peliharaan kita bisa ditinggal dengan aman.

Menitipkan ke Tempat Penitipan Hewan

Apabila tidak ada sahabat atau pengasuh hewan yang bisa menjaga hewan peliharaan kita, sebaiknya kita titipkan mereka ke tempat penitipan hewan. Jauh-jauh hari, carilah informasi tentang tempat penitipan hewan yang bisa dipercaya. Lalu, cobalah lihat sendiri seperti apa tempatnya. 

Pada saat menjemput hewan peliharaan kita di tempat penitipan, periksa baik-baik keadaan hewan peliharaan kita secara keseluruhan. Apakah itu memang hewan peliharaan kita? Apakah keadaan baik seperti pada waktu kita menitipkannya. 

Titipkan kepada Orang yang Dipercaya

Apabila memiliki sahabat yang sama-sama menyukai hewan peliharaan, cobalah tanyakan padanya. Apakah ia bersedia memerhatikan hewan peliharaan kesayangan kita, selama kita pergi. 

Sebelum menitipkan, jangan lupa menyiapkan kebutuhan hewan peliharaan kita seperti obat- obatan dan makanan kesukaannya. Jangan sampai persediaan makanannya habis, sebab selain merepotkan sahabat kita, juga dapat merugikan hewan kesayangan kita.

Tinggalkan di Rumah dengan satu catatan khusus

Apabila tidak ada yang bisa merawat hewan kesayangan kita, cobalah membawanya bepergian. Siapkan semua perlengkapan untuknya selama di perjalanan. Namun kalau tak mungkin dibawa, tinggalkan di rumah dengan beberapa persiapan khusus. Misalnya, periksakan hewan peliharaan itu ke dokter hewan sebelum ditinggalkan. Keadaannya harus benar-benar sehat saat ditinggalkan. Tinggalkan makanan dengan menggunakan mesin makan hewan otomatis yang akan mengatur makannya agar tidak berlebihan atau kekurangan. Meskipun demikian, tetaplah untuk menitipkan kepada tetangga baik kita, agar ia bisa membantu memeriksa hewan kesayangan kita.