Asal Usul Air di Bumi

By Putri Puspita, Selasa, 20 Juni 2017 | 06:15 WIB
Dulu, diperkirakan bumi adalah planet kering. Foto: water.usgs.gov (Putri Puspita)

Air adalah hal yang penting dalam kehidupan. Kita bisa menemukannya di kamar mandi, sungai, danau, lautan, dan berbagai tempat lainnya. Sebenarnya, dari mana air di bumi berasal?

Lautan di Bumi

Seorang peneliti bernama Adam Sarafian dari Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) menjawab pertanyaan darimana air di bumi berasal.

Ternyata, ia menemukan bahwa lautan telah ada jauh lebih lama daripada perkiraan sebelumnya ketika tata surya sedang terbentuk. Hingga akhirnya pantaslah Bumi disebut sebagai planet biru karena lebih dari 70 persen berupa perairan. 

Bumi yang kering

Ilmuwan menduga bahwa bumi dahulunya kering tanpa air. Kemudian saat usia bumi masih muda suatu energi membuat permukaan mencair. Ada pula anggapan bahwa tabrakan dengan kometlah yang membuat air mengalir di bumi.

Ahli geologi menyampaikan bahwa molekul air ada di bumi karena proses penguapan atau tiupan angin dari ruang angkasa.

Asteroid Vesta

Peneliti juga menganalisis gerakan meteorit untuk melihat keberadaan air. Selain meteorit, asteroid pun jadi hal yang diteliti. Salah satu diantaranya adalah asteroid Vesta.

Asteroid Vesta yang berusia sekitar 14 juta tahun juga menjadi hal yang diteliti. Ternyata ditemukan bahwa asteroit Vesta mempunyai banyak air di dalamnya dan diduga inilah calon asal air di Bumi. Ternyata, setelah penelitian berlangsung beberapa waktu, peneliti menemukan batuan Bumi pun mempunyai kandungan serupa asteroid Vesta.